Pages

There was an error in this gadget

Tuesday, October 24, 2006

Met Lebaran semua, Puasa berkesan Euy

Assalamualaikum,Hallo semua
Kayak sok akrab yach....
Met lebaran nih semua ....
aku happy euy...puasa ini enak banget...yah kesehatan perasaan lebih baik dan aku baca-baca dari buku manfaat puasa katanya puasa itu ternyata bagus buat kesehatan ...jadi semangat nih...udah puasanya dapat pahala, eh ternyata malah bagus buat kesehatan , jadi dobel deh happy ...
pengalaman aku puasa jadi mengurangi berat badan lumayan banyak (hampir 10 kg) en juga hobi ngemilnya aku kalau siang kan gak bisa (ada yang ngerem) bagus lah...terus lagi aku mau terusin puasa sunnah abis lebaran ini...yah biar sehat dan bisa menahan diri ...
bener loh bagus puasa itu ..karena dengan puasa pencernaan kita istirahat selama beberapa jam, sehingga badan kita bisa membuang racun-racun dari dalam tubuh (detoksifikasi) sehingga penyakit bisa pada hilang...cuma kalau puasa harus diperhatikan nutrisinya (banyak sayur &buah juga ya)dan harus tetap minum air banyak karena kita semua tau kan badan kita butuh air banyak yah 8 gelas air putih sanggup kan?tapi dicicil kan gak sekaligus?...kalau pengen cari tau lebih banyak di internet banyak lagi tulisan-tulisan tentang puasa..baca aja..enjoy..

met menjalankan puasa buat yang pengen sehat selalu

Tuesday, October 03, 2006

WASPADAI MSG BISA MENGAKIBATKAN KANKER

WASPADALAH,MONOSODIUM GLUTAMATE/VETSIN FAKTOR POTENSIAL PENCETUS HIPERTENSI DAN KANKER


Sehubungan dengan heboh tercemarnya zat penyedap masakan Ajinomoto oleh enzim asal babi, maka Departemen Kesdehatan c.q Dirjen POM telah memerintahkan perusahaan tersebut untuk menarik semua produk dari peredaran (KOMPAS , 19 Desember 2000). Pelarangan tadi an sich berhubungan dengan persoalan hukum agama saja. Alangkah baiknya kalau sekarang Departemen Kesehatan juga mau meninjau kembali apakah Monosodium Glutamat (MSG) /Vetsin yang kadarnya 100% yang dijual secara bebas itu betul betul aman untuk dikonsumsi dan tidak membahayakan terhadap kesehatan. Karena MSG/Vetsin itu mengandung natrium/sodium, jika terlalu banyak termakan bisa menyebabkan hipertensi dan sebaliknya jika MSG dipanaskan akan pecah menjadi 2 zat baru yakni Glutamic Pyrolised -1 (Glu-P-1) dan Glu-P-2. Kedua zat ini bersifat mutagenik dan karsinogenik.(lihat bawah) (Matsumoto Dkk 1977, Sugimura dan Sato, 1983,Takayama DKK, 1984).

Seperti diketahui, secara epidemiologis 30 % penduduk dunia itu peka terhadap keracunan garam dapur (baca natrium/sodium) dan menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Dan golongan penduduk dengan kelebihan berat badan (kekegemukan atau obes) maka risikonya naik menjadi 50%. Hipertensi memang bukan penyakit pembunuh sejati, tetapi ia digolongkan sebagai The Silent Killer (pembunuh diam diam). Penyakit ini gejalanya tidak nyata dan harus diwaspadai serta perlu diobati sedini mungkin. Karena hipertensi yang kronis dan diabaikan dapat secara tiba tiba membawa malapetaka seperti serangan jantung atau stroke. Hal lain juga bisa menyebabkan lemah jantung, penyakit jantung koroner dan gangguan ginjal. Di Amerika Serikat, setiap tahunnya hampir setengah jumlah kematian disebabkan oleh faktor kelebihan makan garam (baca natrium /sodium). Dan 1 dari 4 orang Amerika secara tidak sadar ternyata mengidap penyakit hipertensi.

Sumber utama natrium atau sodium dinegara negara Barat adalah garam dapur. Akan tetapi di Indonesia, disamping garam dapur dan ikan asin, sumber lain yang lebih potensial adalah monosodium glutamate (MSG/Vetcin). Karena kadar Natrium/sodium dalam 1 gram garam dapur setara dengan kadar natrium/sodium yang terkandung dalam 3 gram (1 sendok teh) MSG/Vetcin. Satu gram garam dapur membuat 1 mangkok sop atau mie menjadi asin, Sebaliknya 3 gram MSG/Vetcin tidak terasa asin, malah terasa lezat dan gurih. Sehingga secara tidak sadar, bisa keracunan natrium atau sodium karena keblabasan menambahakan MSG/Vetcin.

Di Amerika Serikat makanan siap saji untuk bayi dilarang dibubuhi MSG/Vetsin dan pada label harus dicantumkan 3 kata yang besar dan tebal yakni":NO MSG ADDED". (Tidak dibubuhi MSG). Apa artinya ini? Karena hasil penelitian menunjukkan bahwa makin muda umur hewan yang dipakai untuk percobaan MSG makin peka terjadi kerusakan di bagian jaringan otaknya. Jadi sifat keracunan MSG adalah Age Dependent (tergantung umur); makin muda umurnya makin sensitif.

Pemerintah sedang mencanangkan program supaya para ibu menyusui bayinya dengan air susu ibu (ASI) sendiri selama 4 bulan penuh. Cara ini terbukti bahwa si bayi menjadi lebih sehat dan jarang sakitan. Makanan tambahan baru dianjurkan setelah si bayi umur 4 bulan. Bagi para ibu di kota kota besar dan berpendidikan serta tahu tentang pengetahuan gizi, tidak ada masalahnya. Karena mereka tahu bagaimana menyediakan makanan tambahan yang bermutu "Empat Sehat, Lima Sempurna". Sebaliknya bagi para ibu yang tinggal di pedesaan, pegunungan, ekonominya lemah, kurang pendidikan dan tidak tahu tentang ilmu gizi. Maka sering kali mereka membuat makanan tambahan yang sederhana dan disukai, tetapi tidak ada mutunya.. Seringkali mereka hanya memberikan mie instan atau bubur yang hanya ditaburi bubuk MSG/Vetsin dan kecap atau garam. Karena rasa sudah lezat, dan si bayi bisa makan dengan lahap dan "kenyang". Padahal menu makanan demikian adalah tidak sehat karena tidak mengandung cukup protein, vitamin, mineral dsb. Jadi anak itu sebetulnya sedang mengalami yang disebut "Starvation in disguise but malnutrition in reality" (Kelaparan yang semu, tetapi mengalami mal nutrisi sejati). Protein adalah sangat diperlukan untuk pembentukan jaringan otak. Kalau nanti sudah besar, bisa dibayangkan bagaimana kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang demikian itu? (Ingat di Amerika makanan bayi dilarang dibubuhi MSG).!

Kalau di atas tadi dibahas dari sisi mengenai efek mal nutrusi, bagaimana sekarang dari sisi konsumsi natrium/sodiumnya? Seperti sudah berulang kali diatas dijelaskan 1 gram garam dapur adalah setara dengan 1 sendok teh MSG/ Vetsin. Kalau dari sejak bayi saja sudah mulai dijejel dengan MSG dan terus sampai dewasa, Biasanya orang yang sudah biasa mengkonsumsi MSG menjadi toleran dan ingin makan lebih banyak lagi karena sudah kecanduan. Kalau dari bayi terus menerus makan MSG ngetrend (cenderung) seperti sekarang ini dosisnya, tidak mustahil 20 tahun kemudian nanti sebagian besar bayi bayi sudah mulai mengidap hipertensi.

Sekarang orang tidak bisa lagi menyebutkan 10 macam makanan yang tidak pakai MSG. Jadi makanan kita sudah dijajah dan dicemari berat oleh MSG. Makanan tradisionel dan lokal yang dulunya lezat oleh ramuan rempah atau bumbu rempah. Sekarang boleh dikatakan tidak ada lagi makanan tradisionel dan lokal asli yang tidak dicemari MSG. Bahkan sayur asem, sayur bening, sayur lodeh , sambel, santen cendol, adonan tepung pisang goreng, pun sudah dicemari MSG. Sudah begitu orang tidak tahu berapa kandungan MSG tadi dalam setiap masakan, sehingga jumlah total MSG dari berbagai macam masakan dan makanan yang sudah dilahap apa sudah melampaui batas ambang keamanan atau belum, tidak seorang pun yang tahu!

Kriteria Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Seseorang dinyatakan mengidap hipertensi jika tekanan darah sistoliknya lebih besar daripada 140 mm Hg dan tekanan diastoliknya diatas 90 mm Hg. Tekanan darah yang ideal adalah jika tekanan sistoliknya 120 mm Hg dan diastoliknya 80 mm Hg. Tekanan sistolik adalah tekanan puncak di mana jantung berkontraksi dan memompa darah keluar melalui pembuluh darah arteri. Sedangkan tekanan diastolik adalah di mana jantung sedang mengalami relaksasi dan menerima curahan darah dari pembuluh daran periferi. Prevalensi hipertensi pada penduduk umumnya berkisar anatara 10-20%, dimana 2/3 tergolong hipertensi ringan (diastolik 90-104 mm Hg).

Bagaimana Bisa Terjadi Hipertensi?

Ada 2 bentuk hipertensi, yakni 1. Bentuk essensial. Bentuk ini penyebabnya belum diketahui, ada kemungkinan karena faktor keturunan atau genetik dan 2. Faktor lingkungan. Faktor yang akhir ini biasanya erat hubungannya dengan gaya hidup dan pola makan yang kurang baik. Faktor makanan yang sangat berpengaruh adalah kelebihan lemak (obesitas), konsumsi garam dapur yang tinggi, merokok dan minum alkohol.

Salah satu sistem yang berperan dalam pengaturan tekanan darah adalah sisitem Renin-Angiotensin- Aldosterone. Renin dihasilkan ginjal yang akan mengubah angiotensin hati menjadi angiotensin I. Zat ini dengan bantuan Angiotensin Converting Enzyme (ACE), akan diubah menjadi Angiotensin II dan zat yang akhir ini akan mengertak otak untuk merangsang sistem saraf simpatikus. Angiotensin II juga menyebabkan retensi natrium (sodium) dan merangsang sekresi aldosterone, sehingga terjadi kenaikan tekanan darah.

Contoh otentik tentang keracunan monosodiu atau natrium adalah sebagai berikut: Ada beberapa penderita hipertensi mengeluh kepada saya bahwa mereka sudah mengurangi makan garam (baca monosodium/natrium) sesuai dengan nasihat dokter dan juga sudah tekun dan rutin makan obat hipertensi, tetapi ternyata tetap saja tekanan darahnya tinggi dan tidak mau turun seperti yang diinginkan. Mereka jadi gelisa dan bingun dan bertanya tanya apakah obatnya sudah tidak mempang atau tidak cocok. Lalu saya balik bertanya, apakah disamping sudah mengurangi makan garam dan tetap makan obat dokter, kalau makan nasi, masakan lauk pauknya dibubuhi MSG/Vetsin atau tidak ? Jawaban mereka spontan, Ya ! Dan tambahnya, katanya; la wong , sudah tidak asin, kenapa masakannya tidak boleh ditambah MSG/Vetsin supaya gurih ! Emangnya salah?

Saya jelaskan bahwa garam dapur itu nama kimianya adalah Monosodium Chlorida atau Natrium Chlorida. Dan yang menyebakan Hipertensi itu adalah akibat makan Monosodium atau Natrium ion-nya. Sekali pun tidak makan garam, tetapi masakannya tadi dibubuhi MSG, maka berarti masakan tadi memperoleh Monosodium atau Natrium Ion yang berasal dari MSG (Monosodium glutamate). Jadi sekali pun tidak makan garam (baca monosodium atau natriun), maka mereka keracunan monosodium/natrium yang berasal dari MSG/Vetsin. Jadi agar supaya obat dokternya mempan dan tekanan darahnya pulih normal, maka sebaiknya bukan saja mengurangi makan garam, tetapi juga harus tidak makan MSG/vetsin. Pada pertemuan bulan berikutnya, mereka mengatakan bahwa setelah tidak makan masakan yang dibubuhi MSG/Vetsin, hipertensi langsung pulih normal !

Kronologis Jumlah Pengguaan MSG/Vetsin



Sebelum tahun 60-an MSG/Vetsin biasanya digunakan oleh golongan masyarakat tertentu saja seperti di Cina, Jepang, Korea, Thailand, Vietnam dan Myanmar., baik oleh para ibu rumah tangga maupun di rumah makan. Takarannya pun sangat kecil sekali, yakni 1-2 korek kuping (setara dengan 30-60 Mg) untuk setiap porsi masakan ala Cina, mie atau bakso. pangsit. Makanan tradisionel dan lokal asli tidak menggunakan sama sekali, karena sudah terasa lezat dan gurih oleh ramuan bumbu rempah.

Namun pada pertengahan tahun 60-an, produk MSG/Vetsin diimport dari Jepang dan Korea, serta secara gencar diiklankan baik melalui media cetak, radio dan televisi, serta dengan papan reklame yang besar besar dan dipampang di tempat tempat dan jalan jalan yang strategis baik di kota maupun di desa. Disamping harganya murah, juga terbukti bahwa ia dapat meningkatkan rasa cita makanan yang kualitasnya rendah menjadi sajian yang lezat dan enak disantap. Sekarang disamping golongan Cina, hampir semua golongan penduduk diseluruh Indonesia bukan saja yang di kota, tetapi juga yang di desa sudah mengenalnya dan cara memakainya pun sangat berlebihan dan tidak wajar.. Karena pada kemasan produk itu tidak disertai alat takar dan juga pedoman takaran cara pakainya tidak ada, maka bubuk ini dipakai secara amburadul dan melampaui batas kewajaran.

Contoh, kalau sebelum tahun 60-an dipakai takaran korek kuping, maka setelah diimport dari Jepang dan Korea, karena harganya murah, maka untuk setiap mangkok mie atau sop naik menjadi 100-300 Mg (jadi 3-5 kali korek kuping). Takaran ini tidak tahan lama dan terus meningkat menjadi 500-1200 Mg (jadi sekitar 15-20 kali korek kuping). Pada tahun 70-an karena harga MSG relatif murah, maka tiba tiba para pedagang tidak lagi segan segan menggunakan sendok teh (setara 3000 Mg, kira kira 100 kali korek kuping), bahkan ada yang menuangkan langsung dari ujung kantong yang sudah digunting. Cara yang akhir ini sering kali menjadi keblablasan ,sehingga jumlahnya bisa lebih dari 1 sendok teh ( ingat sebelum tahun 60-an hanya pakai 2 korek kuping)!

Dari hasil survei Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pada tahun 1980 menemukan bahwa para pedagang mie bakso, mie pangsit dan mie rebus di Jakarta adalah sebagai berikut:

Mie bakso 1.840-1.900 Mg/mangkok (+ 31-61 X KK)

Mie rebus 2,250-2,780 Mg/mangkok (+ 46-75 X KK)

Mie goreng/pangsit 2,900-3,400 Mg/mangkok (+ 56-96 X KK)

(Warta Konsumen No.74.Th VII, Mei 1980) (KK= Korek kuping)

Saya merasa sangat concern dan sangat prihatin sekali, karena jajanan jajanan tersebut di atas (mie bakso) serta ditambah lagi seperti Pempek "palsu" (karena adonan ikan-tepungnya relatif lebih banyak kandungan MSG daripada daging ikannya), adonan tepung untuk pisang, tahu dan tempe goreng berisi MSG, Nyamik nyamik (Ekstruder makanan ringan anak anak) berisi MSG dll dijajakan kepada anak anak di sekitar sekolah sekolah TK dan SD yang memang .cukup rentan terhadap keracunan MSG dibandingan orang dewasa.

Sekarang penggunaan MSG/Vetsin bukan main "ganasnya", karena bukan lagi menggunakan sendok teh, tetapi pakai sendok makan. Hal ini sering dijumpai di restoran besar dan sea foods. Satu sendok makan setara dengan 15 gram MSG/Vetsin ( + 250 kali korek kuping !) dan kadar natrium /sodium 15 gram MSG setara dengan 5 gram garam dapur! Penggunaan yang berlebihan MSG/Vetsin oleh para pedagang atau juru masak karena secara psikologis tidak percaya diri kalau masakan yang disajikan itu lezat dan enak. Padahal penambahan 60 Mg per mangkok (2 X korek kuping ) gurihnya dan lezatnya sama dengan yang diberi 1 sendok teh atau makan.

Pengalaman Menghadapi Pakar International MSG

Selama bertahun tahun, saya (padahal saya adalah satu satu ahli patologi di Indonesia yang melakukan penelitian sendiri mengenai dampak negatif MSG terhadap kesehatan sejak 1972) belum pernah menghadiri atau diundang untuk menghadiri pertemuan atau seminar mengenai pemanfaat dan khasiat fortifikasi MSG dengan vitamin A untuk memberantas kebutaan di Indonesia. Proyek besar dan mulia ini dibiayai jutaan dollar oleh Helen Keller Foundation.

Saya merasa heran sekali, karena saya sudah dikenal di kalangan para peneliti bahwa saya adalah satu satunya orang Indonesia yang pernah merintis melakukan penelitian dan melaporakn hasilnya tentang keracunan MSG dengan hewan percobaan di pertemuan ilmiah di Jakarta 1974. Dan sudah bertahun tahun pula belum pernah diundang ke pertemuan ilmiah untuk mendiskusikan tentang Keamanan MSG. Tiba tiba saya mendapat undangan dari Direktur Akdemi Gizi, Departemen .Kesehatan .R.I. untuk menghadiri seminar sehari di Jakarta pada tanggal 7 Nopember 1988 dengan tema "Presentation Regarding The safety of Monosodium Glutamate" dengan pembicara tunggal Prof.Dr.dr. Micheal J Rand yang ahli Farmakologi, University of Melbourne, Australia, dan juga menjabat sebagai Chairman of the 31st Meeting of FAO/WHO Joint Expert Committee on Food Additives yang khusus didatangkan ke Jakarta. Padahal sehari atau dua hari sebelumnya (saya sudah lupa tanggalnya), sudah ada Seminar International tentang the safety of the fortification of MSG with vitamin A (kira kira begitu nama temanya, saya sudah lupa), yang diselengarakan di salah satu hotel berbintang (entah oleh Dep.Kes atau Helen Keller ayau joint, saya sudah lupa) di Jakarta, namun saya tidak diundang. Jadi saya merasa heran sekali dan bertanya tanya kenapa saya tiba tiba mendapat undangan, baik dengan surat undangan resmi dan juga ditambah dengan telpon dari Direktur Akademi Gizi, Departemen Kesehatan. Padahal baru beberapa hari yang Prof. Rand memberikan naskah yang sama. Jadi beliau ini betul betul seorang Pakar Sejati yang ahli dalam bidang keamanan MSG. Saya mempunyai firasat bahwa secara sengaja panitia mengundang khusus saya untuk datang dengan maksud agar saya bisa "dibungkem" dan "dibantai" oleh Prof. Rand, karena selama bertahun tahun, bahkan sampai sekarang 2001, saya tetap adalah orang satu satunya peneliti di Indonesia yang secara tegas tidak setuju (ingat saya bukan anti MSG) dan berani secara terang terangan menentang Pemerintah s.q. Departemen Kesehatan, tentang penggunaan MSG/Vetsin yang 100% untuk umum, dan dalam program pemakaian MSG sebagai "kuda tunggang" untuk wahana fortifikasi vitamin A dalam proyek pemberantasan kebutaan yang dibiayai oleh Helen Keller Foundation.

Tentu saja, bukan saja tidak gentar , malah sebaliknya saya merasa sangat bahagia karena diberi kehormatan dan kesempatan untuk dapat berhadapan dengan lawan ilmuwan yang seorang pakar Saintis Sejati yang berkualitas International untuk diajak diskusi secara ilmiah mengenai keamanan MSG.. Karena di Indonesia sejak 1974 sampai 2001, saya belum pernah ketemu lawan ilmuwan yang sepadan. Jadi pertemuan tahun 1988 dengan Prof. Rand akan membuktikan mana yang benar; apakah hasil pendapat penemuan ilmiah Prof. Rand yang menyatakan 100% aman atau hasil penelitian saya yang membuktikan sebaliknya..

Bagaimana Hasil Seminar MSG Itu ?

Masih dalam forum, pada waktu saya diberikan kesempatan untuk bertanya. saya langsung menayangkan kembali tranperans yang berisi data dan tabel yang sama yang dipakai Prof. Rand. Data dan tabel tersebut adalah dari hasil penelitian Kenney dan Tidball (1972) yang dianggap paling ilmiah, sempurna dan sahid oleh yang pro penggunaan MSG. Lalu saya tenjukkan kepada Prof. Rand dan para peserta (+ 60 orang dalam dan luar negeri) bahwa data dalam tabel tadi cacat ilmiah. Untuk menjelaskannya, saya akan kutip data tersebut sebagai berikut:

Laporan hasil penelitian Kenney dan Tidball berjudul: Human Susceptibility to Oral Monosodium Glutamate, (Am.J.Cln. Nutr., 1972). terdiri dari 2 tahap. Pada Fase I adalah tahap skreening, dimana digunakan 77 orang sukarelawan dan diberi MSG dalam beberapa macam dosis. Hasilnya 25 orang (32 %) yang diberi MSG dosis 5 gram (Mega Dose) sekali makan yang dmasukkan dalam hidangan mengalami reaksi Chinese Restaurant Syndrome (CRS).

Pada Fase II, 22 orang dari 25 orang sukarelawan yang mengalami CRS pada Fase I diuji ulang, ternyata ditemukan 2 orang (9%) mengalami reaksi CRS yang lebih parah dan berkepanjangan (lihat Tabel 13, Kenney dan Tidball, 1972). Tetapi di dalam tabel hanya berisikan 20 orang saja, dan 2 orang yang mengalami reaksi keracunan tidak dicantumkan, melainkan dikeluarkan dan dicatat pada foot note. Jadi kalau orang lalai dan tidak hati hati ,maka keterangan dalam foot note itu akan terlewatkan begitu saja. Padahal inti kunci hasil penelitian itu terletak pada Foot Note!

Kenney dan Tidball juga telah menemukan bahwa Thresholh Dose (takaran ambang kepekaan) untuk bisa menggertak gejala CRS adalah antara 2-3 gram (kira kira setara dengan 1/2 sampai 1 sendok teh).

Dimana letak "KESALAHAN" atau " CACAT ILMIAH" data karya Kenney dan Tidball adalah pada Fase II, dimana 2 (9%) orang yang mengalami reaksi CRS yang parah dan kepanjangan tidak dicantumkan dalam tabel, melainkan dikeluarkan dan hanya dicatat sebagai Foot Note dan tanpa diberi penjelasan. Dengan demikian hampir semua peneliti yang membaca Tabel 13, dan tidak melihat dan membaca Foot Note-nya (huruf di foot note rupanya sengaja diberi huruf kecil sekali, sehingga membuat orang malas membaca.), maka mereka, tak terkecuali termasuk Prof. Rand dan Prof Winarno (lihat bawah), terjebak oleh sajian data dan tabel dari Kenney dan Tidball sehingga melakukan kesalahan yang fatal dan memalukan!. Saya menilai hasil karya Kenney dan Tidball sungguh sangat licik dan tidak etik, sehingga banyak peneliti yang menyitir hasil karya mereka, tanpa melihat foot notenya, sudah pasti terkecok semua. Saya kira Kenney dan Tidball memang mempunyai unsur kesengajaan karena mungkin ada sponsornya.

Setelah melihat data, tabel dan foot note tersebut, Prof. Rand seperti terkena samberan petir dan tidak bisa mengeluarkan sepatah kata pun dan beliau menerima kenyataan tersebut dengan wajah merah malu dan ketawa kecut!

Pertanyaan kedua kemudian saya lanjutkan, dan bertanya apakah beliau pernah membaca laporan hasil penelitian bahwa kalau MSG dipanaskan (digoreng dengan minyak atau deep fried dengan alat pressure cooker) akan pecah menjadi 2 macam zat baru yakni Glutamic Pyrolised-1 (Glu-P-1) dan Glu-P-2 yang keduanya bersifat mutagenik (menyebabkan kelainan genetik) dan karsinogeink (menyebabkan kanker), dengan kesipu sipu dan malu serta garuk garuk kepalanya, beliau menjawab bahwa beliau tidak tahu kalau sudah ada laporan hasil penelitian yang demikian itu.. Sayang sekali, waktu saya mau bertanya lagi, oleh sang Moderator tiba tiba diskusi itu diberhentikan dan dinyatakan waktunya sudah habis!. Sungguh beruntung karena sang Moderator telah menyelamatkan Prof. Rand kemalangan itu!

Kesimpulan dari seminar sehari mengenai Keamanan MSG, membuktikan bahwa MSG tidak 100% aman dan bisa sebagai faktor potensial pencetus Hipertensi dan Kaker!

Demikian pula pengalaman buruk menimpa kepada Prof. DR. F.G. Winarno yang Ahli Teknologi Pangan, IPB dan juga menjabat sebagai President Codex Alimentarium Commission, Joint Expert Committee on Food Additive, FAO/WHO yang membawahi tentang peraturan keamanan penggunaan MSG, telah secara tidak sadar dan tidak hati hati pula telah menyajikan data laporan yang sama seperti yang dipakai Prof. Rand, (Kenney dan Tidball, 1972) di harian KOMPAS (1992) sehingga beliau dengan penuh kepercayaan bahwa hasil penelitian Kenney dan Tidball membuktikan secara ilmiah, sempurna dan sahid bahwa MSG adalah aman 100% bagi kesehatan manusia. Padahal hasil penelitian Kenney dan Tidball malah membuktikan sebaliknya.

Saya akhirnya berkesimpulan, bagaimana mungkin ada 2 pakar Saintis Sejati yang berkualitas International ; Prof. Rand yang ahli Farmakologi dan Prof. Winarno yang ahli Teknologi Pangan, dan kedua duanya menduduki jabatan penting yang paling tinggi dan strategis di Joint Committee Expert on Food Additives , FAO/WHO; yang membawahi tentang pengaturan keamanan pemakaian MSG dapat membuat blunder dan kesalahan yang fatal dan memalukan!. Sungguh tidak masuk akal dan pasti ada maksud sesuatu !

Menurut saya data yang diperoleh dari penelitian Kenney dan Tidball justru merupakan data yang sempurna yang telah membuktikan secara ilmiah dan sahid bahw 2-3 gram MSG (setara 1/2-1 sendok teh), sudah dapat mengertak gejala Sindroma Restoran Cina. Dan jika dosisnya ditingkat menjadi 5 gram (kira kira 2 sendok teh), maka akan terjadi gejala reaksi CRS yang lebih parah dan berkepanjangan. Bila kita menggunakan istilah Prof. Winarno untuk dosis 5 gram adalah Mega Dose, maka sudah banyak orang orang kita setiap hari yang mengkonsumsi MSG bukan saja dengan jumlah Mega dose akan tetapi malah melahap sampai Super Mega Dose (5 -15 gram MSG)! Ini artinya bahwa setiap hari banyak orang Indonesia yang mengkosumsi natriun /sodium ion asal MSG sekitar 1-5 gram sekali makan.. Pada hal menurut ahli gizi orang dewasa yang ideal sebaiknya makan garam 6 gram sehari dan. anak anak hanya dianjurkan untuk mengkonsumsi 3 gram garam per hari. Jadi bisa dibayangkan apabila setelah 10-20 tahun terus menrus keracunan natrium/sodium yang berasal dari MSG Mega Dose saja (belum termasuk yang berasal dari garam dapur) maka tidak mustahil sebagian besar penduduk Indonesia sekarang ini secara tidak sadar telah mengalami penyakit hipertensi terselubung (ingat The Silent Killer !), bahkan kalau apes, karena tidak menyadarinya dan tidak berobat, tahu tahu mendapat serangan jantung atau stroke atau gagal ginjal.

Contoh di Jepang Utara, penduduknya keranjingan makan makanan yang asin dan diperkirakan setiap hari mereka makan garam antara 15-27 gram, sehingga prevalensi penyakit hipertensi dan stroke sangat tinggi jika dibandingkan dengan daerah lain yang mengkonsumsinya dibawah 10 gram.(Joossens DKK, 1987).

Demikian pula kalau di Indonesia cara mengkonsumsi MSG/Vetsin terus ngetrend seperti sekarang ini, dan Departemen Kesehatan c.q. Dirjen POM, tidak mau melakukan pencegahan dengan cara melarang menjual bebas MSG yang 100% dan menggantikan dengan model Aji-Shio (10% MSG-garam), maka tidak mustahil dalam jangka waktu tidak lama lagi banyak penduduk Indonesia, (terutama yang tinggal di pedesaan dan pegunungan, yang ekonominya lemah dan kurang pendidikan serta kurang pengetahuan tentang gizi,) akan menjadi korban sebagai penderita hipertensi kronis dengan konsekuensi sebagian dari mereka akan mengalami serangan jantung atau stroke, penyakit jantung koroner, lemah jantung, bahkan akhirnya juga kena gangguan dan gagal ginjal.

MSG/Vetsin Berpotensi Sebagai Pencetus Kanker

Lain halnya kalau MSG/Vetsin itu dipanaskan ,seperti digoreng dengan minyak, apa lagi kalau dengan cara deep fried dan alat pressure cooker maka ia akan pecah menjadi 2 zat yang berbeda dengan induknya; yakni Glutamic pyrlosied 1 (Glu-P-1, Amino-methyl dipyrido imidazole) dan Glu-P-2 (amino dipyrido imidazole). Kedua zat bersifat mutagenik (menyebabkan kelainan genetik) dan karsinogenik (menyebabkan kanker). Dengan Uji Ame's, kedua zat ini secara konsisten mengakibatkan mutagenik pada kuman Salmonella typhimurium dan pada tikus dan mencit menyebabkan kanker kerongkongan, lambung, usus, hati, otak, mammae dll (Matsumoto Dkk, 1977,Takayama DKK, 1984,,Sugimura dan Sato,1983). Kedua zat tadi jauh lebih poten dibandingkan dengan Aflatoksin yang hanya menyebabkan kanker hati saja.

Bagaimana Menggunakan MSG/Vetsin Yang Aman

Sekarang MSG/Vetsin ; apapun mereknya Ajinomoto, Sasa atau Miwon, atau merek dagang lainnya yang semuanya mengandung 100% murni MSG. harus dilarang dijual untuk umum dan secara bebas. Seperti telah diuraikan diatas bahwa MSG/Vetsin yang murni mempunyai efek samping yang cenderung menyebabkan penyakit hipertensi dan kanker. Oleh karena itu untuk amannya, maka sebaiknya menggunakan MSG/Vetsin yang 10% saja dengan dicampur garam dapur. Di Jepang, pabrik Ajinomoto sendiri untuk mensuplei bangsanya sendiri membuat campuran MSG-Garam 10% dan diberi nama Aji-Shio. Dan Aji-Shio inilah yang dijual secara bebas di Jepang. Menurut Dr. Waluyo, Bagian Gizi, FK,UI., di Jepang MSG 100% tidak dijual bebas untuk umum, melainkan untuk pabrik makanan.

Bagaimana cara membuat MSG 10% adalah sangat mudah sekali. Ambil 100 gram MSG/Vetsin 100% ditambahkan pada 900 gram bubuk garam dapur yang halus. Sebelum dicampurkan, sebaiknya garam halus tadi disangrai (digoreng tanpa minyak) dulu agar betul betul kering. Setelah kering, dibiarkan sebentar agar sedikit dingin, nah campurkan sekarang 100 gram MSG yang 100% tadi dan diaduk aduk sampai merata. Masukan dalam pot atau toples yang bersih dan kering. Nah, sekarang kita sudah membuat Aji-Shio sendiri. Jadi nanti kalau masak, tidak perlu pakai garam dan MSG lagi cukup menggunakan Aji Shio. Nanti kalau rasa asinnya sudah pas maka dengan sendirinya rasa gurihnya pun sudah pasti pas juga (Data ini diperoleh dari Pabrik Ajinomoto sendiri). Dengan demikian Aji-Shio ini bukan saja aman tetapi juga hemat, karena harganya menjadi sangat murah sekali !.

Mengapa Aji Shio ini lebih aman? Karena sekarang kita tidak bisa memakai MSG/Vetsin berlebihan atau sesuka hati. Sebab garam yang dicampurkan menjadi alat pengerem (Built in break) yang jitu. Karena kalau sudah asin kita tidak bisa menambahkan lagi, jadi kita tidak bisa keracunan MSG/Vetsin !.

Nah, sekarang mari kita menghitung berapa gram natrium /sodium kita makan sehari. Yang ideal untuk orang dewasa mengkonsumsi garam adalah 6 gram dan 3 gram untuk anak anak. Kalau sekarang orang mengkonsumsi 6 gram Aji-Shio, maka kita hanya makan MSG 100% murni 1/10 dari 6 gram atau sama dengan 0,60 gram atau 600 Mg (setara dengan 10 kali korek kuping) sehari. Dengan demikian sekalipun kita umpamanya rakus makan Aji -Shio (baca garam dapur) sampai 10 gram, makan MSG 100% murni yang sebetulnya dikonsumsi tidak lebih dari 1 gram atau 1000 Mg per hari. dan ini kira kira setara dengan 1/3 sendok teh. Dengan demikian kita bisa bebas makan enak tanpa akan menanggung risiko keracunan natrium yang menjadi faktor potensial penyabab hipertensi dan penyakit jantung lainnya.

KESIMPULAN DAN SARAN

Dengan uraian diatas, berdasarkan hasil penelitian penelusuran kepustakaan yang intensif sejak 1972 dan dengan data hasil percobaan sendiri sejak 1974 dengan berbagai hewan percobaan serta dari hasil pengamatan dilapangan selama hampir 25 tahun, cara penggunaan MSG/Vetsin yang 100% murni dan bebas tanpa ada pedoman dan peraturan cara pakainya yang benar dari perusahaan MSG, menunjukkan lebih banyak menyebabkan dampak negatif terhadap kesehatan manusia daripada keuntungannya hanya menikmati rasa enak makanan yang sesaat. Saya sudah berkali kali menghimbau kepada Departemen Kesehatan c.q Dirjen POM untuk MELARANG penjualan MSG 100% murni secara bebas untuk masyarakat umum dan diganti dengan bentuk Aji-Shio (10% MSG Murni dalam 90% garam dapur) yang lebih aman dan lebih kecil dampak negatif terhadap kesehatan! Hal ini bisa untuk mencegah keracunan kronis natrium/sodium ion yang menjadi faktor pencetus terjadinya penyakit Hipertensi.

Kalau sudah dalam bentuk Aji-Shio, maka kemasan tidak perlu lagi diberi pedoman cara pakai dan takaran, karena garam yang terkandung sudah otomatis menjadi alat pengerem (built in break) yang jitu,. Jadi orang yang BUTA HURUF dan bahkan yang BUTA MATA sekali pun tidak bisa memakai MSG berlebihan sehingga tidak mungkin bisa keracunan, kecuali yang bagi orang yang sangat hipersensitif ( Medika No.6, Juni 1982)!

KIAT MENGATASI ANAK SUSAH MAKAN

Kiat Mengatasi Anak Susah Makan
Oleh info
Rabu, 28-Januari-2004, 09:10:56 13490 klik


Balita Anda susah makan? Jangan emosi. Berpikirlah dengan tenang dan aturlah strategi. Berikut dr Soeroyo Machfudz SpA(K) MPH dari Yogyakarta memberikan beberapa kiat yang bisa dimanfaatkan:



1. Bagi ibu yang bekerja, luangkan waktu sebentar saja tetapi berkualitas untuk menyuapi anaknya. Sebab, sebenarnya anak-anak sangat mengerti bila ibunya bekerja.

2. Berikanlah kepuasan psikis kepada anak yang sesuai dengan usianya, dan buatlah agar suasana hatinya senang, misalnya anak makan sambil jalan-jalan, melihat kereta api, dan lain-lain. Problem utama anak susah makan itu 6 bulan sampai 2 tahun. ''Asal usia itu terlewati dengan bagus, Insya Allah ke depannya tidak ada masalah.'', tutur Soeroyo.

3. Pada saat orang tua baik ibu maupun ayahnya pulang kerja, pertama kali yang harus dipegang atau disapa adalah anaknya. Jangan yang lain.

4. Jangan memaksa anak makan sampai mencekoki, mencubit atau bahkan memelototi. Bagaimana bila anak tidak mau sayur, tahu-tempe, dan makanan bergizi lainnya? Soeroyo menyarankan sebaiknya anak 'dilaparkan' dulu. ''Tetapi, kita siapkan makanan yang sudah kita programkan, nanti berangsur-angsur dia akan mau, tetapi memang perlu telaten, disiplin.'',
jelas dia.

5. Sebaiknya sedini mungkin kita menerapkan penghargaan dan hukuman yang edukatif. Misalnya, pada waktu anak mau makan dipuji, diajak jalan-jalan, ciuman, pelukan. Bila tidak mau makan, katakan, misalnya, ibu atau ayah tidak mau lihat televisi bersama-sama, tidak mau jalan-jalan lagi.

6. Pada anak berusia setelah empat bulan-enam bulan, baik diberi bubur instan asalkan anak tak alergi susu. Setelah anak berusia enam bulan, lebih bagus membuat bubur sendiri, karena ada macam-macam pilihan sayuran dan lauk-pauk yang bisa mengurangi kejenuhan rasa. Misalnya, hati dengan bayam, kemudian wortel dengan tempe, kangkung dengan tahu, dan sebagainya. Namun, bila dengan makanan tersebut anak mengalami diare atau muntah maka menu harus dievaluasi.

7. Pada saat bayi mengalami perubahan makanan seperti enam bulan, sembilan bulan satu tahun, dia akan merasa-rasakan karena rasanya aneh sehingga kadang dimain-mainkan seperti dimuntahkan, ini harus dimasukkan lagi. Prinsipnya bila makanan tersebut dimuntahkan, harus sedikit-sedikit dan makanannya harus lebih cair lagi.

8. Pada kasus anak yang mengalami gangguan psikis yang manifestasinya pada lambung dengan muntah bisa teratasi kira-kira setelah tiga tahun. Tetapi, kasus seperti itu jarang dan tidak menjadi masalah asal kebutuhan gizi, kalori, lemak, proteinnya tercukupi.

(sumber: republika.co.id)

maag hindari makanan ini

SAKIT MAAG ? HINDARI MAKANAN INI !



Sakit maag atau nyeri ulu hati dapat disebabkan oleh banyak hal. Namun seringkali karena anda makan tidak teratur.Perut yang kosong dapat mengkibatkan nyeri pada ulu hati akibat peningkatan asam lambung. Jelaslah bahwa untuk pencegahan masalah lambung/ nyeri ulu hati sebaiknya makan teratur dengan porsi sedikit namun sering dan bila keluhan nyeri tersebut sudah ada , maka beberapa jenis makanan ini sebaiknya dihindari karena dapat menambah iritasi lambung, memperberat fungsi saluran cerna, serta dapat menghasilkan banyak gas dalam saluran cerna yang dapat menambah kembung perut anda . Beberapa makanan yang sebaiknya anda hindari saat nyeri lambung melanda : Ketan , bulgur, jagung, ubi-ubian, daging merah, daging / ikan yang diawet, kacang-kacangan, santan, goreng-gorengan, sayuran mentah, kol, kembang kol, sawi , namngka, oyong, kangkung, daun singkong, sayuran banyak serat, buah-buahan segar/ mentah ( kecuali pepaya dan pisang masak ) , buah yang dikeringkan ( kismis, korma ) soda, alkohol, bumbu tajam, susu , kopi.

KHASIAT BAWANG PUTIH

MANFAAT BAWANG PUTIH

Dr.Yuda Turana

Bawang putih telah digunakan sebagai obat dalam herbal medicine sejak ribuan tahun yang lalu. Pada tahun 2700 – 1900 sebelum masehi bawang putih telah digunakan oleh pekerja-pekerja bangunan piramid sebagai obat penangkal penyakit dan rasa letih. Dan sekitar tahun 460 SM khasiatnya telah dipuji oleh Hipokrates. Saat perang dunia tahun 1914-1918 bawang putih digunakan oleh tentara perancis untuk mengobati luka.

Bawang putih terdiri dari berbagai macam komponen dengan berbagai khasiat antara lain menurunkan kadar kholesterol darah, menghambat agregasi trombosit, meningkatkan aktifitas fibrinolitik, menghambat atherogenesis dan menurunkan tekanan darah, sehingga dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner. Beberapa penelitian juga menunjukkan peranan bawang putih sebagai antioksidan maupun efek anti kanker.

Di Thailand Institute of Scientific and Technological Research dibuat kapsul berisi ekstrak bawang putih yang setara dengan 7 gram bawang putih segar setiap kapsul. Dosis yang dipakai adalah dua kali satu kapsul setiap hari selama 5 bulan. Pada bulan pertama pemberian kholesterol darah meningkat. Hal ini kemungkinan adanya pengikisan dari endapan lemak di pembuluh darah. Kholesterol HDL meningkat setelah 2 bulan pemberian. Kadar kholesterol menurun bermakna setelah 8 minggu, namun penurunan kadar trigliserida baru terjadi setelah 5 bulan pemberian bawang putih.

Penelitian lain menunjukkan bahwa pemberian minyak esensial bawang putih setara dengan 1 gram bawang putih segar/ kgBB/ hari yang diberikan bersamaan dengan diet tinggi kholesterol, akan menurunkan kadar kholesterol , trigliserida serum. VLDL, LDL dan meningkatkan HDL.

Bacaan lebih lanjut :
1. Sunarto P, Pikir BS. Pengaruh Garlic Terhadap Penyakit Jantung Koroner. Cermin Dunia Kedokteran 1995; 102: 28-32
2. Pinto JT et all. Effects of Garlic of Human Prostate Carcinoma in Cultures. Am J Clin Nutr 1997 ; 66 : 398- 405.

colon hidroterapi

Colon hidroterapi dalam bentuk aslinya disebut enema sudah lama dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan mengobati penyakit.

Hypocrates sebagai bapak kedokteran ( abad 4 & 5 SM ) tercatat menggunakan enema untuk mengobati demam dan gangguan akut lainnya.

Pada abad ke 17 dikenal jaman enema dan menjadi budaya dan mode bagi orang-orang Paris dimana mereka melakukan tiga sampai empat kali enema perhari karena mereka yakin dapat membersihkan bagian dalam tubuh yang sangat penting untuk kesehatan.

Penggunaan enema mencapai puncaknya masa kejayaan Raja Louis XIV ( 1638 – 1715 ) . William Lieberman melaporkan bahwa Raja Louis XIV melakukan lebih dari 2000 enema selama masa pemerintahannya bahkan kadang-kadang menerima pejabat pemerintahan atau tamu pada saat melakukan enema.

Terapi ini kemudian diperkenalkan di Amerika Serikat oleh Dr Kellogg yang dilaporkan pada journal of American Medicine 1917 dimana lebih dari 40.000 kasus gangguan pencernaan telah dapat diatasi dengan colon hidroterapi diikuti dengan pengaturan pola makan dan olah raga.

James A Wiltsie,.MD yang berpendapat bahwa pengetahuan kita mengenai fisiologi, patologi dan pengelolaan dari usus besar dapat berefek pada organ lain dan sistem dari tubuh kita , sehingga bila kita memperhatikan usus besar kita dengan baik maka secara tidak langsung menjadi sumber kesehatan bagi tubuh kita.

Ron kennedy,. MD merekomendasikan colon hidroterapi untuk mencegah masalah usus besar. Dalam suratnya tahun 1992 untuk Colifornia Health and Human Sevich Community dia mengatakan ;

" saya sudah mempelajari pelaksanaan colon hidroterapi lebih dari dua tahun, dan saya menyimpulkan bahwa itu merupakan prosedur yang sangat berguna sebagai salah satu metode pencegahan terhadap problem usus.

Pada dekade terakhir ini penggunaan colon hidroterapi untuk menjaga kesehatan dan terapi penyakit semakin berkembang baik mengenai teori maupun dalam bidang prakteknya sehingga prosedur colon hidroterapi saat ini sudah diakui dan disetujui penggunaannya oleh FDA.

PENTINGNYA USUS BESAR YANG BERSIH

Seperti kita ketahui usus besar ini merupakan bagian akhir dari saluran pencernaan yang mempunyai fungsi sebagai berikut:

1. Tempat mengumpulkan sisa makanan yang kemudian akan dibuang melalui anus.
2. Tempat mengabsorbsi air dan beberapa mineral.
3. Tempat pertumbuhan bakteri, dimana bakteri dalam usus besar ini dapat membentuk beberapa jenis vitamin yaitu vitamin B dan K yang kemudian diabsorbsi oleh tubuh.

Melihat fungsinya maka kerja usus besar yang baik ini merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan tubuh kita.

Ketidak seimbangan fungsi usus ini dapat mengakibatkan penumpukan racun ( toksin ) yang melalui sistem peredaran darah dan limfatik akan tersebar ke seluruh tubuh kita dan menimbulkan penyakit.

Gangguan fungsi pada usus besar ini secara garis besar dapat disebabkan beberapa hal yaitu :

1. Pola makan

Menu makan yang didalamnya kurang mengandung serat disertai kurang minum mengakibatkan faces ( kotoran ) yang akan dikeluarkan menjadi keras sehingga akan tertahan lama di usus besar ( Normalnya dalam satu hari kita buang air besar satu sampai dua kali ) mengakibatkan faces ( Kotoran ) menjadi asam sehingga mengiritasi mucosa usus besar yang lama kelamaan mucosa tersebut akan berubah ( mutasi ) ke arah keganasan.

2. Keseimbangan bakteri baik didalam usus

Didalam sistem pencernaan yang baik terdapat kira-kira 60 macam varietas dari bakteri atau mikroflora yang berguna untuk membentuk beberapa zat makanan yang penting serta membantu menjaga keseimbangan PH dan bakteri yang tidak baik didalam usus. Bila keseimbangan bakteri ini terganggu maka akan terjadi gangguan pada saluran pencernaan dan penyakit autointoksikasi ( selanjutnya akan diterangkan pada bab penyakit autointoksikasi ).

3. Peristaltik Usus yang baik

Diperkirakan usus 50 kali berkontraksi permenitnya. Kontraksi ini memungkinkan makanan bergerak pada saluran pencernaan dan membantu mengoptimalkan absorbsi makanan serta membuang sisa makanan.

4. Keteraturan buang air besar

Keteraturan buang air besar sangat berguna untuk membuang racun ( Toksin ) yang dihasilkan dari pembusukan dan fermentasi.

Menurut Joseph Vargas,. Phd direktur dari Wholistic Health Center di Houston Texas keteraturan buang air besar untuk mencapai pembuangan racun ( Toksin ) dari tubuh dapat terjadi bila dalam sehari kita dapat buang air besar dua sampai tiga kali sehari secara teratur.

Kini kita paham betapa pentingnya kebersihan usus besar ( Colon ) ini buat kesehatan, yang mana bila kebersihan usus ini tidak dijaga atau diperhatikan akan menimbulkan keluhan - keluhan kesehatan serta penyakit degeneratif pada tubuh kita.

PENYAKIT AUTOINTOKSIKASI

Penyakit autointoksikasi adalah :

Penyakit yang disebabkan karena keracunan dari dalam tubuh sendiri.

Kita ketahui usus besar merupakan bagian dari saluran pencernaan yang berperan sebagai tempat mengumpulkan sisa makanan, mengabsorbsi beberapa zat makanan yang masih dibutuhkan didalam tubuh seperti mineral dan air serta tempat pertumbuhan bakteri.

Bila fungsi ini terganggu seperti yang telah dibahas dalam bab sebelumnya maka racun ( Toksin ) yang berasal dari sisa-sisa makanan akan terbentuk dan kemudian oleh sistem peredaran darah akan dilepas ke seluruh tubuh mengakibatkan setiap sel didalam tubuh kita keracunan sehingga kemampuan sel untuk meregenerasi hilang yang kemudian akan menimbulkan penyakit.

Sebenarnya yang menjadi penyebab terjadinya penyakit autointoksikasi ini adalah Proses pembusukan yang terjadi didalam usus besar .

Proses pembusukan ini terjadi karena ketidak seimbangan bakteri yang terdapat didalam usus besar.

Ada 2 macam penggolongan bakteri didalam saluran pencernaan :

1. Bakteri pembusuk

Bakteri pembusuk ini dimasukkan ke dalam golongan bakteri Coliform, salah satu yang termasuk didalamnya adalah Escherichia coli.

Bakteri coliform ini menghasilkan zat ethionine yang pada penelitian menyebabkan kanker. Bakteri-bakteri pembusuk ini juga memproduksi bermacam-macam racun seperti Indole, skatole yang dapat menimbulkan penyakit bila berlebih didalam tubuh.

2. Bakteri baik

Untuk mengimbangi bakteri pembusuk ini didalam saluran pencernaan juga terdapat bakteri baik. Bakteri baik ini dimasukkan kedalam golongan Loctobakteri.

Yang termasuk didalamnya adalah Lactobacillus, Bifidobacterium, Streptococcus.

Menurut Dr John Harvey Kellog komposisi ideal dari bakteri didalam saluran pencernaan adalah 85% lactobacteria ( bakteri baik ) dan 15% coliform bakteri ( Bakteri pembusuk ).

Bila komposisi ini terjadi perubahan maka akan terjadi gangguan pencernaan serta penyakit autointoksikasi.

Berikut data gejala penyakit akibat Autointoksikasi yang dikemukakan oleh Dr Bernard Jensen :

- Asma, Gangguan paru-paru Lain

- Bisulan, Borokan, Eksim, Gatal-gatal pada kulit

- Gangguan Endokrin

- Gangguan Irama Jantung

- Gangguan Pencernaan ( Mis : Kembung. Mual-mual, Konstipasi, Diare ) dan gangguan Penyerapan

- Macam-macam Tumor/ kanker Hati,Usus Besar, Pancreas

- Macam-macam Sakit Kepala

- Cepat Tersingguna, Pemarah, Letih Lesu, Gairah Menurun, Depresi

- Gangguan kandung Kemih, Gangguan ginjal, Batu ginjal

- Keriputan, Flek-flek pada kulit, Jerawatan

- Dan lain-lain

OBAT-OBAT PENCAHAR
( LAKSANSIA )& ENEMA

Banyak orang menganggap obat-obat pencahar sebagai obat yang tidak berbahaya dan boleh digunakan setiap waktu. Tetapi sebetulnya penggunaan laksansia yang kerap kali dapat berbahaya karena dapat mengakibatkan :

A. Pertama-tama absorbsi yang layak dari bahan-bahan gizi dalam usus kecil terganggu.
B. Sintesis vitamin-vitamin oleh bakteri didalam usus besar ( vitamin K & B ) juga dicegah.
C. Disamping kerugian-kerugian gizi ini, juga mineral-mineral ( Kalium & Natrium ) yang penting bagi tubuh tidak diabsorbsi kembali dalam usus besar sehingga dapat menyebabkan antara lain kelemahan otot-oto

Penggolongan obat pencahar dilakukan atas dasar mekanisme kerja dan sifat kimianya yaitu :

A. Laksansia yang tergolong perangsang dinding usus

Laksansia dalam golongan ini merangsang secara langsung saluran usus sehingga mempertinggi peristaltiknya dan mengakibatkan pengeluaran isis usus dengan cepat.

B. Laksansia yang tergolong memperbesar isi usus

- Menahan air dalam usus

Cara kerja obat golongan ini ialah air dari luar usus ditarik kedalam usus ( Proses osmosa } , dimana air yang banyak ini merupakan suatu rangsangan mekanik pada dinding usus sehingga usus mempertinggi kegiatan peristaltiknya dan mengakibatkan pengeluaran isi usus yang telah menjadi cair dengan cepatnya


- Karena mengembang

Kasiatnya juga berdasarkan retensi air , sedangkan zat-zatnya sendiri tidak diserap.

C. Laksansia yang tergolong Pelicin

Golongan ini mempermudah defekasi karena memperlunak tinja dan melicinkan jalannya caranya dengan memasukan zat cair misalnya glycerin, air sabun atau minyak zaitun ke dalam rektum sehingga terjadi peregangan dinding rektum dan defekasi pun terjadi . Enema termasuk didalam golongan ini.

Kalau mau dilihat cara kerja dari obat-obat pencahar golongan merangsang dinding usus dan yang golongan memperbesar isi usus maka kita dapat lihat bahayanya bila digunakan setiap waktu atau untuk proses detoksifikasi.

Zat pencahar yang dapat digunakan sealamiah mungkin dengan mengunakan golongan pelicin ( Enema termasuk didalamnya ).

Hanya kekurangannya pada golongan ini untuk dapat membersihkan usus besar sampai ke sekum tidak dapat tercapai karena dengan golongan ini hanya dapat terjadi sampai dengan Kolon desenden sehingga penggunaan enema kurang efektif untuk melakukan detoksifikasi ( menghilangkan racun dari tubuh ).

COLON HIDROTERAPI

Colon hidroterapi adalah pengembangan yang lebih lengkap dari enema dan merupakan cara yang aman untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan dan racun dari usus besar tanpa menggunakan obat-obatan,tetapi hanya dengan air yang telah difilter sehingga bebas dari bahan kimia beracun dan disterilisasi dengan ultra violet.

Dibandingkan dengan enema dalam prosesnya menggunakan colon hidroterapi mempunyai beberapa kelebihan :

1. Proses pembilasan usus besar dapat dikontrol sehingga hasilnya dapat lebih optimal.

2. Memperlama keinginan alami pasien untuk membuang air besar sehingga hasilnya lebih bersih dalam membuang sisa-sisa makanan dan racun yang menempel pada dinding usus besar.

3. Pengisian airnya dapat sampai caecum.

4. Selama proses tidak menimbulkan bau yang menusuk.

5. Mempunyai resiko lebih kecil .

Sistemnya adalah memasukan alat berbentuk spekulum atau rectal tube kecil ke dalam rectum antara 1 – 3 inchi. Suhu air disesuaikan dengan suhu tubuh dan tekanan dapat diatur. Air dialirkan melalui rectum ke dalam usus besar dengan tujuan membersihkan colon dengan cara menghancurkan dan melarutkan feses untuk memudahkan pengeluarannya , usus besar dengan bantuan manipulasi pemijatan dari abdomen selama proses untuk meningkatkan pengeluaran feses secara maksimum.

Efek terapeutik dari colon hidroterapi adalah meningkatkan tonus otot dari usus besar sehingga meningkatkan peristaltik dan absorbsi dari zat-zat makanan serta air di caecum dan colon ascendens.

Efek pembersihan dari colon hidroterapi mengurangi stagnasi dan pembentukan bakteri patologis dalam colon akibat proses fermentasi dan membantu membuat keseimbangan flora di dalam usus sehingga mengoptimalkan kesehatan. Proses pengisian dan pengosongan air diulang 4 kali selama sekitar 1 jam terapi.

INDIKASI DAN ALASAN

Ada tiga alasan penting mengapa dokter menganjurkan colon hidroterapi :

1. Konstipasi atau sembelit ( susah buang air besar ), pengamatan kami setelah dilakukan terapi 6 kali disertai pengaturan pola makan keluhan tersebut hilang.

2. Persiapan diagnosa usus besar ( Barium enema, Sigmoidoskopy, Colonoscopy ).

3. Persiapan pre dan post operasi

Adakalanya dokter juga menganjurkan colon hidroterapi untuk penderita :

1. Diare
2. Latihan buang air besar pada penderita stroke
3. Arthritis
4. Penyakit Autointoksikasi ( Penyakit akibatToksin yang diserap melalui kerusakan sel mukosa usus besar }
5. Dll

KONTRAINDIKASI

Berikut ini adalah daftar kontraindikasi yang diketahui :

1. Uncontolled Hypertension

2. Congestive Heart Failure

3. Aneurysm

4. Severe Anemia

5. Gastrointestinal hemorrhage

6. Gastrointestinal perforation

7. Severe hemorrhoids

8. Renal Insufficiency

9. Cirrhosis

10. Carcinoma of the colon

11. Fissures dan Fistulas

12. Abdominal Hernia

13. Recent colon surgery ( Less than 3 months )

14. Pregnancy

RESIKO DAN KEAMANAN

Colon hidroterapi akan aman dan sangat kecil kemungkinan timbulnya resiko jika diperaktekkan dengan cara yang benar sesuai prosedur oleh terapis ( operator ) yang sudah terlatih dan mengunakan peralatan yang sudah diregistrasi oleh FDA.

INTERAKSI DENGAN OBAT LAIN

Colon hidroterapi diketahui tidak bereaksi dengan obat-obatan lain. Dikarenakan prosedur tersebut hanya menggunakan air yang difilter dan disterilisasi dengan ultra violet.

PRODUK ALAT COLON HIDROTERAPI

Peralatan Colon hidroterapi modern seharusnya diproduksi memenuhi peraturan ketat dari FDA yang memerlukan ketelitian dan dapat dipertanggungjawabkan.

Peralatan yang diregistrasi FDA memiliki keunggulan dalam pengaturan temperatur, ketentuan tekanan dan memiliki sistem filter air serta menggunakan ultra violet untuk mematikan bakteri yang mungkin terdapat pada air. Alat ini di rancang dengan katub-katub yang sesuai untuk mencegah aliran balik.

Untuk menjamin keamanan pasien peralatan ini menggunakan disposible spekulum.

Keamanan dan efektifitas peralatan colon hidroterapi telah diperkuat dengan perundang-undangan Medical Device Amendements 1976 yang kemudian direvisi dan dikembangkan pada Federal Food, Drugs and Cosmetic Act . Undang-undang ini kemudian diamandemen oleh Safe Medical Device Act 1990 dan Medical Device Amendments 1992. Undang-undang ini mengatur ketentuan pembuatan dan penjualan dari alat Colon hidroterapi.

KIAT SEHAT USIA SENJA

Panjang umur dan awet muda menjadi dambaan setiap insan sejak jaman dahulu , banyak cara yang dilakukan oleh raja-raja dan permaisuri di seluruh belahan dunia untuk dapat panjang umur.

Kemajuan ilmu kedokteran barat telah terbukti berhasil menekan angka kematian karena penyakit infeksi dan meningkatkan usia harapan hidup seseorang, sehingga semakin banyak saja jumlah manusia lanjut usia ( Lansia ) yang dapat mencapai usia di atas rata-rata hidup.

Di Indonesia angka harapan hidup semakin meningkat. Pada tahun 1980 angka tersebut 54 tahun untuk wanita dan laki-laki 50,9 tahun. Pada tahun 1985 meningkat lagi 61,5 tahun untuk wanita dan 57,9 tahun untuk laki-laki sedangkan pada tahun 1990 telah mencapai 64,7 tahun untuk wanita dan 62,9 tahun untuk laki-laki.

Perubahan demografi ini akan berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan usia lanjut, baik secara individu maupun dalam kaitannya dengan keluarga dan masyarakat.

Permasalahan khusus yang dapat terjadi pada usia lanjut adalah :

- Proses ketuaan yang terjadi secara alami dengan konsekuensi timbulnya masalah fisik, mental, dan sosial.
- Perubahan sosialisasi karena produktivitas yang mulai menurun, berkurangnya kesibukan sosial dan interaksi dengan lingkungan.

. Produktivitas yang menurun dengan akibat terbatasnya kesempatan kerja karena kemampuan dan keterampilan menurun, namun kebutuhan hidup terus meningkat.

. Kebutuhan pelayanan kesehatan terutama untuk kelainan degeneratif yang memerlukan biaya tinggi.

Permasalahan tersebut diatas membawa kita bahwa panjang umur saja tidak berguna bila menderita berbagai macam penyakit ketuaan serta ketidak mampuan fisik dan mental yang prima untuk menjadi sumber daya manusia yang optimal.

Kemajuan pesat di bidang teknologi kedokteran dan riset rahasia kesehatan dan ramuan tradisional secara modern didukung bukti-bukti ilmiah yang nyata lebih memungkinkan kita dapat menyiasati hidup ini agar dapat mencapai panjang umur dan tetap sehat di usia tua.

Menjadi tua adalah proses alamiah yang biasanya disertai perubahan kemunduran fungsi dan kemampuan sistem yang ada di dalam tubuh sehingga terjadi penyakit degeneratif.

Kecepatan terjadinya proses penuaan selain tergantung pada faktor-faktor rancang bangun setiap mahluk hidup yang merupakan faktor keturunan dan tidak dapat dirubah, juga tergantung dari faktor-faktor luar yang selama bertahun-tahun merusak kebugaran dan kesehatan tubuh misalnya : kerja yang melebihi batas kemampuan tubuh, kebiasaan hidup sehat yang tidak dijalankan dengan benar, faktor lingkungan lain yang memapar kita hampir setiap hari dan sulit dihindari atau dihilangkan.

Di bawah ini adalah beberapa pemicu utama yang terdapat di lingkungan yang membuat kita beresiko terjadinya penuaan dini :

Asap rokok : Bila kita sering terpapar asap rokok orang lain di rumah, di kantor, atau di tempat lain maka ada kemungkinan kita akan terlihat semakin cepat tua.

Pencemaran udara : Pada tahun 1993 dimuat di majalah New England Journal Of Medicine oleh D.W Dockery dan rekan kerjanya mengevaluasi pencemaran udara dan mendapatkan angka kematian pada enam kota besar di Amerika sangat tinggi.

Sinar Matahari dan sinar Ultra violet lain : Terpapar oleh matahari, sinar ultra violet lainnya mempercepat proses penuaan. Umumnya terpapar selama 30 menit oleh sinar matahari setiap hari sudah cukup untuk menyehatkan kita, termasuk pembentukan vitamin D yang cukup dalam tubuh kita. Lebih dari itu tidak baik dan dapat menyebabkan kanker kulit.

Suatu strategi yang dapat kita lakukan agar dalam usia lanjut tetap sehat dan mempunyai kemampuan untuk mandiri selama mungkin , tetap produktif dan turut berperan akif dalam pembangunan adalah :

I . Pola hidup sehat meliputi :

Hindari stress

Setiap jaringan di dalam tubuh dikendalikan oleh suatu interaksi kompleks bahan-bahan kimiawi yang beredar dalam aliran darah dan hormon-hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar kelenjar endokrin yang dikendalikan oleh kelenjar utama yang berada di otak , sehingga proses-proses intelektual dan emosi yang terjadi di tempat lain di dalam otak mempengaruhi tubuh kita. Sampai saat ini kita belum memahami dengan jelas cara bagaimana bahan-bahan kimiawi otak berkaitan dengan gagasan dan emosi, tetapi hal yang penting adalah bahwa keadaan pikiran kita mempunyai pengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap kesehatan tubuh kita.

Ketegangan, kecemasan, stres, emosi pasif seperti berkabung, merasa gagal, amarah yang ditekan menghasilkan hormon-hormon yang menekan sistem kekebalan tubuh kita. Oleh karena itu pengendalian stres sangatlah penting untuk menuju hari tua yang sehat dan tetap berkualitas

Cukup istirahat dan rekreasi

Pada umumnya orang dewasa dianggap cukup istirahat apabila dapat tidur nyenyak 6 – 8 jam dalam 1 hari . Istirahat ini sangat perlu bagi sel-sel tubuh kita untuk dapat beregenerasi

menggantikan sel-sel tubuh yang sudah tidak baik lagi atau rusak. Sayangnya , justru banyak lanjut usia yang punya keluhan tidak dapat tidur karena stres dan adanya gangguan berbagai macam penyakit seperti rematik, penyakit jantung koroner, kencing manis dan kanker.

Dengan membiasakan tidur teratur dan cukup istirahat serta selalu berusaha mempertahankan kesehatan tubuh dan memeriksakan diri secara teratur pada dokter keluarga terhadap penyakit yang di derita akan membuat hari tua yang lebih baik dan berguna.

Rekreasi juga merupakan salah satu faktor penting untuk dapat menghindari stres dan Melepaskan ketegangan sehingga seseorang menjadi rileks . Cukup rekreasi membuat

seseorang menjadi lebih tenang dan terlepas dari segala persoalan yang menghimpit,sehingga lebih memudahkan seseorang dapat istirahat dan tidur lebih banyak.

Cukup Olah raga

Berolah raga secara teratur kemungkinan menderita sakit lebih rendah dibandingkan dengan orang yang kerjanya hanya duduk-duduk saja. Olah raga sangat bermanfaat baik secara langsung maupun tidak langsung untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dan memungkinkan kita untuk menghadapi stress. Olah raga telah terbukti berhasil mengatasi depresi , juga merupakan senjata yang ampuh melawan penyakit jasmani. Jenis dan takaran olah raga bersifat individu sehingga perlu di konsultasikan dengan dokter keluarganya.

Makan cukup gizi dan berimbang

Nutrisi yang baik merupakan bagian yang penting bagi setiap orang yang mau hidup hari tuanya berguna dan bebas dari penyakit degeneratif.

Untuk memenuhi kecukupan gizi sangat dianjurkan penganeka ragaman makanan, agar semua zat gizi yang di perlukan oleh tubuh dapat dipenuhi dari makanan.

Untuk menghambat proses degeneratif selain kecukupan gizi juga penting diperhatikan keseimbangan gizi sehingga masing-masing zat gizi tersedia dalam jumlah cukup dan ratio yang optimal sehingga tubuh dapat memperoleh cukup energi , cukup memproduksi hormon, enzym, dan zat kekebalan lain yang sangat diperlukan tubuh, dan juga dapat menggantikan bagian – bagian sel yang rusak.

Kekurangan gizi akan mengakibatkan tubuh dapat menjadi sakit, tetapi kelebihan gizi dalam hal ini obesitas berakibat kurang baik dan juga dapat menimbulkan berbagai macam kelainan yang mempercepat terjadinya berbagai macam penyakit degeneratif.

Mempertahankan berat badan ideal

Berat badan ideal seseorang dapat dihitung secara kasar dengan rumus sbb :

BB Ideal = ( TB – 100 ) Kg – 10 % ( TB – 100 ) Kg
Mis: TB = 165 cm
BB Ideal = ( 165 – 100 ) – 10 % ( 165 – 100 )
= 65 – 6,5
= 58,5 Kg

Untuk mempertahankan berat badan ideal, harus ada keseimbangan antara masukan gizi makanan dan energi yang dibutuhkan.

Masukkan gizi diperoleh dari makanan sehari-hari yang diatur dan disesuaikan dengan berat badan dan tinggi badan serta kondisi penyakit yang menyertai dan kebutuhan energi yang diperlukan dimana setiap orang itu berbeda sehingga pengaturan berat badan ideal itu perlu ditangani oleh tenaga medis dalam upaya menjadi sehat di hari tua..

Hindari merokok dan Alkohol

Tembakau banyak di hubungkan dengan peningkatan terjadinya arterosklerosis, kanker , penuaan dini dan penyakit degeneratif

Hindari polutan

Dalam era industrialisasi seperti sekarang ini, sungguh sangat tidak mudah menghindari diri

dari polutan yang masuk kedalam tubuh. Kendati demikian kita dapat meminimalisasi ancaman polutan terhadap kesehatan kita dan membuat hidup kita lebih panjang serta menjadi lebih produktif dengan olah raga yang telah disesuaikan dengan umur, penyakit yang diderita , mengkonsumsi suplemen antioksidan , dan tata menu makanan yang benar

II. Preventive dan terapi alternatif

Relaksasi

Relaksasi adalah suatu jenis terapi untuk penanganan kegiatan mental dan menjauhkan tubuh dan pikiran dari rangsangan luar untuk mempersiapkan tercapainya hubungan yang lebih dalam dengan Pencipta. Teknik relaksasi ini dapat dicapai dengan metode hipnosis , meditasi yoga, dan bentuk latihan-latihan yang ada hubungan dengan penjajakan pikiran. Meditasi

Meditasi adalah merupakan metode dimana kita untuk sementara waktu dapat berhenti mendengar tekanan dan gangguan kehidupan sehari-hari dan dengan demikian mampu menerima hal-hal lain seperti perasaan dan gagasan kita yang lebih dalam, produk pikiran tak sadar kita, kedamaian, dan kesadaran spiritual. Meditasi bila dilakukan dengan latihan dan bimbingan yang benar dapat membantu kita untuk dapat berkonsentrasi dan tidak lagi bereaksi sedemikian kuat terhadap tekanan-tekanan dari luar. Manfaat jasmani meditasi akhir-akhir ini telah terdokumentasi dengan baik oleh peneliti-peneliti medis barat, terutama Dr Herbert Benson. Meditasi cenderung menurunkan atau menormalkan tekanan darah, detak jantung, dan tingkat hormon stres dalam darah. Pendek kata meditasi mengurangi keausan dan kerusakan , baik pada tubuh maupun pikiran, sambil menolong orang untuk hidup lebih baik serta lebih lama.

Visualisasi

Antropolog claude levi strauss mengamati bahwa sebagian besar pengobatan tradisional di seluruh dunia di dasarkan pada manipulasi psikologis terhadap organ yang sakit dengan cara visualisasi yang sangat hidup yang dibawa ke dalam alam pikiran pasien.

Visualisasi memanfaatkan apa yang barangkali bisa disebut kelemahan tubuh dimana tubuh tidak dapat membedakan antara pengalaman mental yang begitu hidup yang kita masukan ke dalam pikiran kita dengan pengalaman fisik sesungguhnya.

Satu-satunya persyaratan untuk mencapai keberhasilan visualisasi adalah berkembangnya daya imajinasi kita.

Dalam sebuah studi yang dilaporkan dalam tahun 1984, dr Nicholas Hall dari George Washington Medical Center di Washington, D.C , menemukan bahwa visualisasi meningkatkan jumlah sel darah putih yang beredar dan juga timosin alfa 1 yang berguna meningkatkan jumlah sel darah putih yang disebut sel T helper.

Menggunakan teknik visualisasi gambaran atau imajinasi yang dilakukan harus dipilih oleh orang itu sendiri dimana gambaran ini harus merupakan gambaran yang dapat dilihat oleh orang itu di mata jasmaninya. Bayangan atau imajinasi ini harus merupakan bayangan yang dirasa betul-betul nyaman bagi si pasien.

III. Menggunakan Healing Nutriens ( Makanan Kesehatan )

Makanan kesehatan ini adalah sekelompok suplemen gizi, dapat berupa ramuan tradisional yang diolah secara modern, maupun hasil riset ilmiah yang kemudian di olah dengan teknologi tinggi dan dipercayai memberi khasiat yang baik terhadap kesehatan untuk melengkapi zat gizi yang dibutuhkan tetapi belum cukup didapatkan dalam menu makanan sehari-hari dan mampu menghambat beberapa penyakit degeneratif. Makanan kesehatan ini walaupun ada yang berbentuk seperti pil atau kapsul, sebenarnya bukan suatu obat karena tidak mengandung suatu bahan kimia sintetik tetapi hanya mengandung suatu gizi pilihan dalam kosentrasi tinggi sehingga tidak menimbulkan efek samping yang merugikan tubuh. Lain dengan obat yang hanya diminum pada saat sakit saja, untuk mendapat manfaat yang optimal dari makanan kesehatan , maka makanan kesehatan ini harus dimakan terus menerus meskipun sudah merasa lebih sehat dan kwalitas hidup sudah meningkat. Healing Nutriens yang dapat digunakan antara lain :

Vitamin , Mineral & Antioksidan

Banyak dokter terkemuka dan lembaga-lembaga kesehatan yang tidak mendukung penggunaan suplemen vitamin dan antioksidan berapapun jumlahnya walaupun dengan dosis sedikit lebih kecil , tetapi dengan penelitian yang berkembang akhir-akhir ini terhadap penggunaan vitamin dan antioksidan itu ternyata sangat bermanfaat. Tentunya kombinasi vitamin dan antioksidan yang digunakan sangat tergantung dari usia, jenis kelamin, tingkat kegiatan, serta bobot badan dan penyakit yang menyertainya sehingga penggunaan vitamin dan antioksidan ini sangat diperlukan konsultasi dengan dokter keluarga anda. Garlic

Garlic atau bawang putih sudah sejak lama dikenal sebagai bahan obat alami yang mempunyai khasiat untuk menyehatkan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit infeksi. Dalam perkembangan ilmu kedokteran modern, garlic ternyata masih mempunyai tempat istimewa dan setelah didukung penelitian di pusat pusat penelitian ilmu kedokteran terkemuka di dunia, garlic semakin diakui manfaat dan khasiatnya. Khasiat garlic antara lain ; Menurunkan kadar lemak darah, Anti septik, anti bakteri, anti jamur, anti virus, menetralkan racun logam berat seperti timah hitam, mercury, copper dan aluminium, melindungi sel darah merah dari kerusakan, anti kanker , pemacu kekebalan tubuh, , dll.

Squallene

Squallene adalah makanan kesehatan alami yang diperoleh dari ekstrak hati ikan hiu botol , yang mempunyai senyawa hidro karbon tak jenuh dan bekerja aktif sebagai chelating agent, mudah diserap tubuh dan sebagai bahan baku steroid untuk pembentukan antibodi, hormon dan enzim.

Omega 3, 6

Belajar dari orang-orang Eskimo di Greenland yang banyak sekali mengkonsumsi lemak ikan, tetapi hampir tidak pernah ditemukan kasus penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi, bahkan pada pemeriksaan darahnya didapatkan kadar lemak yang sangat rendah, dilakukan penelitian lebih lanjut dan didapatkan bahwa ikan yang dikomsumsi tersebut mengandung 2 jenis zat penting berupa asam lemak tak jenuh ikatan rangkap yaitu omega 3 & 6.

Kedua jenis asam lemak tersebut mempunyai efek menurunkan kadar lemak darah ( Trigliserida ) dan tergolong asam lemak esensial yang tidak dapat dibuat oleh tubuh sendiri, maka untuk memenuhi kebutuhan tersebut perlu diatur dalam menu yang dikonsumsi setiap hari.

Dengan mengetahui dan memahami petunjuk mengenai pola hidup sehat, manfaat dan khasiat terapi alternatif dan menggunakan healing nutriens ( Makanan kesehatan ) diharapkan dapat memperluas wawasan mengenai pemeliharaan dan perawatan kesehatan, sehingga dapat mencapai hidup panjang umur, sehat dapat berkwalitas seperti yang di cita-citakan.

Sumber :

. Sehat tanpa obat By dr Kenneth H. Copper
. Cinta, Pengobatan & mukjizat By Bernie S. Siegel, MD
. Pedoman pembinaan kesehatan usia lanjut oleh Depkes RI

APA YANG DILAKUKAN JIKA PROGRAM DIET MANDEK

last update : 28 September 2003
APA YANG HARUS DILAKUKAN JIKA PROGRAM PENURUNAN BERAT BADAN ANDA MANDEK ?

www.medikaholistik.com

Bila anda sudah melakukan program penurunan badan dengan diet tetap tidak turun, lakukanlah olahraga secara teratur. Bila sudah olah raga masih mandek juga, tambahlah porsi olahraga anda. Asupan makanan masih dapat dikurangi sampai batas tertentu. Kalau saat itu anda masih sarapan nasi , nasi boleh ditiadakan karena tubuh masih mendapat hidrat arang dari sumber-sumber lain. Lauk pauk dan sayuran tetap dikonsumsi. Makanlah nasi hanya pada waktu makan siang. Namun perlu anda ingat bahwa karbohidrat tidak boleh dihilangkan keseluruhannya karena dapat mengakibatkan anda lemas, pusing bahkan mungkin pingsan akibat gula darah yang turun. Penurunan asupan gizi sebaiknya tidak dilakukan terlalu drastis supaya tidak menyebabkan ‘penyakit’ dalam tubuh anda. Lebih abik olahraga saja yang digiatkan. Kalau kita tidak makan apapun pada saat mestinya makan , yang mula-mula hilang dari tubuh adalah cairan. Kalau anda masih tidak makan juga lama-kelamaan setelah sumber cadangan lemak habis maka otot anda dipecah menjadi energi. Hal ini jangan sampai terjadi karena dapat menyebabkan otot menjadi kecil dan sulit digerakan.

www.medikaholistik.com/260903
Sumber : Suniar L. Cara aman mencegah kegemukan. Intisari

KHASIAT AIR KELAPA DAN URIN UNTUK HIV

last update : 31 July 2003
Minyak Kelapa dan Urin Obat Alternatif untuk HIV/AIDS

Iwan. T. Budiarso, DVM., M.Sc., Ph. D., APU


Di dalam bukunya : The Healing Miracles of Coconut Oil” (Minyak Kelapa Penyembuh Yang Ajaib, cetakan ke-3, 2003) Dr. Bruce Fife melaporkan suatu kejadian kasus sebagai berikut.
Pada bulan September 1996 seorang pasien HIV/AIDS bernama Chris Dafoe, tinggal di Cloverdale, Indiana, Amerika, merasa bahwa hidupnya tidak akan lama lagi. Berat badannya terus menurun secara drastis, demikian juga tenaga dan kekuatannya makin lama makin berkurang. Dia merasakan tubuhnya semakin hari semakin parah. Hal ini diakibatkan karena infeksi virus HIV–nya telah merajarela menggerogoti seluruh bagian tubuhnya. Hasil pemeriksaan laboratorium yang terakhir menunjukkan bahwa di dalam darahnya telah ditemukan lebih dari 600,000 virus RNA dan ini merupakan suatu indikasi bahwa dia sudah benar-benar dekat diambang pintu kematian. Dalam kondisi untuk menyongsong hari kematiannya itu, ia segera menjual semua harta bendanya dan mulai mempersiapkan keperluan pemakamannya. Semua biaya keperluan untuk pembelian peti mati, sebidang tanah pekuburan dan biaya yang diperlukan untuk pengurusan upacara penguburuannya telah dilunasi di muka . Sebelum ia mati, dia ingin mengabulkan untuk dirinya sendiri satu nazar dengan menggunakan semua sisa kekuatan dan tenaganya yang terakhir, untuk pergi berlibur ke suatu daerah pedalaman di salah satu hutan di kepulauan pasifik. Ahkirnya ia memilih suatu negara kecil, yakni Republik Suriname. Setibanya di sana ia langsung melanjutkan perjalanannya ke daerah pedalaman dan tinggal bersama dengan masyarakat suku Indian. Selama tinggal di sana, dia menjalani kehidupan sesuai dengan adat istiadat mereka, dan makan makanan seperti yang sehari-hari dimakan oleh para penduduk setempat. Setiap hari disajikan masakan yang selalu mengandung campuran buah kelapa.
Pada suatu hari, kepala suku Indian itu memberi tahu Dafoe, katanya ” mereka menggunakan buah kelapa sebagai bahan dasar utama untuk membuat segala macam ramuan obat-obatan. Mereka juga memakai santan kelapa yang dicampur dengan berbagai bahan dari berbagai jenis pohon dan rempah-rempah yang ditemukan di sekitar hutan untuk meramu segala jenis obat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Setiap pagi sarapan rutin mereka adalah suatu sajian yang selalu dicampur dengan buah kelapa yang dimasak dan dikatakan sajian seperti ini merupakan pencegahan penyakit. Selama melakukan kehidupan di kampung suku Indian tersebut, keadaan kesehatan Dafoe setiap hari mengalami kemajuan, kekuatan dan tenaganya semakin hari makin terasa meningkat, dan berat badannya pun mengalami kenaikan tidak kurang dari 16 kilogram. Setelah menghabiskan 6 minggu berlibur, ia lalu pulang ke Amerika dan langsung pergi memeriksakan keadaan kesehatannya. Kali ini, hasil pemeriksaan laboratoriumnya menunjukkan bahwa yang semula di darahnya terinfeksi berat dengan virus HIV, sekarang sudah sangat berkurang sekali, sampai-sampai sangat sulit untuk mendeteksinya.
Dafoe lalu meneruskan kebiasaannya makan kelapa yang dimasak sebagai sarapan pagi dan dicampur dengan biji sereal panas. Dia yakin bahwa kebiasaan sarapan dengan campuran buah kelapa yang dimasak setiap hari telah dapat mengontrol infeksi virus HIV-nya. Sekarang ia sudah bisa mengenyam kembali kehidupan yang normal dan merasa berbahagia. Dengan semangat hidup yang baru saja ia peroleh, ia berkata, “Saya merasa sehat dan segar bugar kembali. Semangat dan tenaga saya sekarang jauh lebih baik daripada sebelumnya.”

Minyak Kelapa atau Kelentik dapat membunuh Virus HIV
Apakah bedanya antara lemak dan minyak? Istilah lemak dan minyak sering kali dipakai secara serabutan. Secara harafiah perbedaan yang sebenarnya adalah; yang pertama akan tetap berbentuk padat (solid) pada suhu kamar, sedangkan yang kedua akan tetap berbentuk cair (liquid). Sebagai contoh, “lard” (gajih) disebut lemak, sebaliknya minyak jagung disebut minyak. Padahal keduanya adalah golongan lemak dan dalam istilah ilmu kimia disebut fats atau fatty acids.
Lemak jenuh adalah trigleserida (triglyceride), demikian pula lemak tidak jenuh adalah trigleserida juga. Setiap molekul trigleserida mengandung 3 molekul asam lemak.
Berdasarkan struktur kimiawinya, ada atau tidaknya ikatan ganda dalam molekul asam lemak yang terkandung dalam trigleserida, jenis lemak dapat dibagi menjadi 3 kelompok; yakni (1) Lemak jenuh (saturated fatty acids), (2) Lemak tak Jenuh tunggal (mono-unsaturated fatty acids)) dan (3) Lemak jenuh ganda (Poly-unsaturated fatty acids). Lihat Gambar 1 dibawah ini:

Gambar 1. Contoh Jenis-jenis Asam Lemak
Saturated Fatty Acid (SFA = Asam Lemak Jenuh)
H H H H H H H H H H H H H H H H O
│ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ ║
H—C—C—C—C—C—C—C—C—C—C—C—C—C—C—C—C—C—O—H
│ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │
H H H H H H H H H H H H H H H H
Di mana semua atom karbon (C) telah diikat jenuh oleh atom hidrogen (Asam Stearik).

Mono-Unsaturated Fatty acid (MUFA = Asam lemak tak jenuh tunggal)
H H H H H H H H H H H H H H H O
│ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ ║
H—C—C—C—C—C—C—C—C—C═C—C—C—C—C—C—C—C—C—O—H
│ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │
H H H H H H H H H H H H H H H H H
Di mana satu pasang atom hidrogen diganti oleh 1 ikatan ganda (Asam Oleik).

Poly-Unsaturated Fatty Acid (PUFA = Asam lemak tak Jenuh Ganda)
H H H H H H H H H H H H H O
│ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ ║
H—C—C—C—C—C—C—C═C—C—C ═C—C—C—C—C—C—C—C—O—H
│ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │ │
H H H H H H H H H H H H H H H H H H
Di mana 2 pasang atom karbon, masing-masing diikat oleh 1 ikatan ganda (Asam Linoleik).


Di samping pengelompokan tersebut di atas, asam lemak juga bisa dikelompokan berdasarkan banyaknya jumlah atom karbon dalam satu molekul.
1. Asam Lemak berantai pendek (Shot Chain Fatty Acids = SCFA), jumlah atom karbon terdiri dari 2 s/d 6.
2. Asam lemak berantai sedang (Medium Chain Fatty Acids = MCFA), jumlah atom karbon dari 8 s/d 16.
3. Asam lemak berantai panjang (Long Chain Fatty Aicds = LCFA), jumlah atom karbon jumlahnya dari 18 s/d 24

Minyak kelapa dan jenis minyak palm lainnya merupakan jenis minyak yang secara alamiah mengandung asam lemak golongan rantai sedang (MCFA) dan rantai pendek (SCFA) yang kadarnya paling tinggi di antara semua jenis minyak goreng. Sifat yang istimewa inilah yang membedakan minyak kelapa dan minyak sawit dengan minyak goreng lainnya. Minyak sayur sama sekali tidak mengandung MCFA, sedangkan minyak palm jenis lain hanya mengadung sedikit sekali MCFA. Minyak kelapa dan sawit merupakan sumber MCFA yang paling kaya di antara semua minyak goreng. Minyak sawit mengandung 58 % MCFA dan minyak kelapa memgandung 64% MCFA. Karena kedua jenis minyak ini mempunyai kadar MCFA yang paling tinggi, maka baik secara biologis maupun kimiawi mempunyai pengaruh dan dampak positif dan istimewa terhadap kondisi kesehatan tubuh kita, dan juga mempunyai sifat pembunuh mikroba (Tabel 2).
Jenis MCFA yang terkandung dalam minyak kelapa adalah jenis asam lemak jenuh berantai sedang (MCFA) seperti asam laurat (luaric acid), asam kaprilik (Caprylic acid) dan asam kaprik (Capric acid) ( Tabel 1). Dalam tubuh asam laurat, asam kaprilik dan asam kaprik akan langsung diserap dan dimetaboliser di dalam hati untuk memprodoksi energi. Jadi tidak terbentuk lemak dan tidak pula membuat kolesterol. Sifat lain yang sangat berharga dan istimewa dari ketiga asam lemak jenuh rantai sedang itu, ialah mempunyai potensi untuk membunuh mikroba-mikroba, yang pembungkus kapsul (Cell membrane)-nya terdiri dari lapisan asam lemak tak jenuh berantai panjang (LCFA), dengan cara menghancurkan sel membrannya. Beberapa jenis mikroba sudah dibuktikkan peka terhadap asam lemak jenuh rantai sedang

Dengan demikian asam lemak jenuh rantai sedang (MCFA) yang terkandung dalam minyak kelapa, dapat merupakan sejenis antibiotika yang poten. Telah diketahui bahwa kapsul pembungkus virus HIV terdiri dari lapisan asam lemak rantai panjang tak jenuh (LCFA), maka bisa dihancurkan oleh asam lemak sedang yang berasal dari minyak kelapa. Untuk mendukung penemuan tersebut, dibawah ini adalah laporan hasil uji klinik Prof. Dr. Conrado Dayrit, M.D., ahli farmakologi dari University of Phillipines dan juga mantan presiden National Academy of Science and Technology, Phillipines.
Prof. Dayrit melakukan studi banding dengan memakai 14 pasien HIV yang umurnya berkisar antara 22 sampai dengan 38 tahun. Ke-14 pasien ini dibagi menjadi 3 Kelompok. Semua pasien sebelumnya tidak pernah diberi obat anti-HIV. Kelompok I (empat pasien) diberi 22 gram monolaurin (monoglyceride of lauric acid yang berasal dari ekstrak minyak kelapa) per hari. Kelompok II (5 pasien) diberi 7,5 gram monolaurin dan kelompok III (5 pasien) hanya diberi 3,5 sendok makan minyak kelapa saja. Jumlah monolaurin yang terkandung dalam 3,5 sendok makan itu adalah setara dengan 22 gram monolaurin. Setelah 3 bulan perlakuan, ditemukan pada 7 pasien (50%) yang jumlah virus HIV dalam darahnya sudah mulai berkurang. Uji klinik ini diakhiri pada akhir bulan ke-6. Dan dari 14 pasien dalam percobaan ini 9 pasien (64%) mengalami pengurangan jumlah virus dalam darah; di antaranya ditemukan 2 dari 4 pasien (50%) dalam kelompok I, empat dari 5 orang (80%) dalam kelompok II dan 3 penderita dari 5 (60%) dalam kelompok III. Sedangkan 11 pasien mengalami perbaikan dan kenaikan berat badan dan mereka nampak mengalami kemajuan. Hasil sementara uji klinik ini menunjang laporan hasil pengamatan lapangan, bahwa minyak kelapa adalah efektif untuk melawan HIV.

Urin, Sumber Nutrisi dan Kalori Yang Berharga
Hasil penelitian para ahli bidang terapi urin melaporkan, bahwa urin itu bukan cairan sampah yang tidak berguna atau beracun seperti yang disangka oleh sebagian besar para ahli dalam bidang kedokteran dan kesehatan, dan juga oleh orang awam. Urin sebenarnya adalah bahan baku yang sangat berharga untuk pembuatan obat paten (lebih dari 20 macam obat paten dan kosmetika, dan juga merupakan bahan nutrisi dan kalori yang berharga, yang berasal dari ekstrak air seni). Karena urin mengandung berbagai jenis miniral, vitamin, hormon, enzim, anti-bodi, asam amino essensial dan non-essensial, dan senyawa lain yang berguna. Sampai sekarang sudah ditemukan lebih dari 300 macam bahan senyawa aktif. Bahan senyawa ini bukan saja ditemukan dalam bentuk murni, akan tetapi juga sudah dibio-aktifkan, sehingga dengan mudah dapat diserap oleh tubuh tanpa harus membutuhkan bantuan enzim. Jadi dalam proses penyerapannya tidak dibutuhkan energi satu kalori pun. Sekalipun jumlahnya kecil, namun karena didaur ulang dengan cara diminum terus menerus sepanjang hari, maka akan terjadi snow ball effect. Dengan demikian ia sangat bermanfaat bagi orang yang sedang sakit dan lemah tubuh, karena mempunyai efek self-healing power.

Urin Mempunyai Efek Kekebalan
Menurut Prof. Dr. Ryoich Nakao, M. D. Director Miracle Cup of Liquid, Urine Research Institute di Jepang, menyatakan bahwa air seni jelas tidak toksik, walaupun ditemukan beberapa zat toksik atau antigen pada air seni, namun jumlahnya sangat kecil sekali,dan terutama bila seseorang sedang sakit. Zat beracun atau antigen yang dalam jumlah kecil ini mungkin malah menyumbangkan efektifitas dari terapi urin. Bila zat toksik atau antigen (Misalnya HIV) yang sudah lemah (attenuated) masuk kembali ke dalam tubuh, maka mekanisme sistem pertahanan tubuh segera bereaksi. Zat-zat atau antigen yang keluar dari tubuh bersama dengan air seni, adalah sama dengan zat-zat (antigen) yang terlibat dalam proses penyakit yang sedang dialami. Maka antigen atau virus tersebut akan men-stimuler sistem daya pertahanan tubuh untuk membentuk anti-bodi untuk menyerang penyakit yang bersangkutan, dan berarti akan melawan terhadap penyakit yang sedang dideritanya. Proses ini adalah analog seperti yang terjadi bila seorang dokter melakukan vaksinasi, dimana sejumlah kecil antigen atau virus yang sudah dilemahkan (attenuated) disuntikan (DPT, MMR) atau diminumkan (Polio) kembali ke dalam tubuh, sehingga men-stimuler sistem daya pertahanan tubuh memproduksi anti-bodi untuk melawan penyakit yang bersangkutan. Apabila penderita HIV/AIDS meminum air seninya sendiri yang mengadung virus HIV, maka akan merupakan vaksin yang melawan penyakitnya, dalam hal ini disebut auto-vaksin.
Disamping membentuk anti-bodi humoral, air seni juga memacu dan meningkatkan produksi sel-T-limfosit, khususnya pada kasus HIV/AIDS, yang ditingkatkan adalah golongan CD-4. Dengan demikian terapi auto urin sangat bermanfaat dan berkhasiat untuk pengobatan HIV/AIDS.
Dalam pertemuan ilmiah Konferensi Dunia Ke-2 tentang Terapi Urin yang diselenggarakan di Gersfeld, Jerman, pernah dilaporkan 3 hasil pengalaman dan penelitian terapi auto urin terhadap HIV/AIDS dengan perincian sbb: (1) 1 kasus mengenai pengalaman sendiri oleh Cesar Perez Falero, (2) 1 kasus penderita HIV yang dilaporkan oleh Alex Lattanzi, dan (3) laporan hasil pengobatan dari 33 kasus HIV oleh Dr. Victoria Seme. Ketiga laporan tersebut tercantum dalam buku Proceedings Second World Conference on Urine Therapy, Gersfeld, Germany, May 1999. Dan di dalam buku pintar, Terapi Urine, oleh Mega Tantre, Penerbit Taramedia dan Restu Agung, 2001, memuat 5 laporan kesaksian tentang efektivitas terapi urin terhadap HIV/AIDS.

Penutup
Akhir-ahkhir ini hasil cara pengobatan HIV /AIDS dengan metoda multiple drug cocktails sementara cukup berhasil untuk menurunkan beban jumlah virus (virus load) dalam darah, sehingga penderita yang positif HIV tidak cepat-cepat beralih ke stadium lebih lanjut, menjadi AIDS dan mati. Namun dikawatirkan, disamping biaya yang terlalu tinggi ($ 15.000.- /orang /tahun), lama-lama cara ini bisa juga mengakibatkan virusnya menjadi resisten terhadap obat yang digunakan. Oleh karena itu harus dicari cara lain, umpamanya dengan memberikan sejenis makanan tambahan, yang di dalamnya mengandung komponen yang mempunyai sifat dapat menekan atau membunuh virus. Kebetulan sekali penemuan Prof. Jon Kabara dan teamnya dari Michigen State University yang telah melakukan penelitian dan menekuni selama tidak kurang dari 30 tahun, telah menemukan bahwa minyak kelapa mempunyai sifat seperti yang diinginkan. Ternyata bahan aktif yang bersifat seperti antibiotika terkandung dalam minyak kelapa adalah golongan Saturated Mediun Chain Fatty Acids, yang terdiri dari 3 jenis asam lemak, yakni asam laurat (Lauric acid), asam kaprilik (Caprylic acid) dan asam kaprik (Capric acid). Di antara tiga komponen ini, asam laurat adalah yang paling poten dan kadarnya pun yang paling tinggi yakni 48%, sedangkan konsentrasi asam kaprilik dan asam kaprik masing-masing hanya 7 dan 8% saja. Telah dibuktikkan pula bahwa asam lemak jenuh rantai sedang (saturated medium chain fatty acids) ini dapat menghancurkan sel membran, hingga virus HIV menjadi mati (Tabel 2).
Dengan demikian minyak kelapa merupakan jenis minyak yang paling unggul, khas dan istimewa, karena mengandung jenis asam lemak jenuh rantai sedang. Asam laurik yang terkandung 48%, hampir sama tingginya dengan kadar asam laurik yang ditemukan dalam air susu ibu (45-50%).
Bagi penderita HIV/AIDS disamping minum minyak kelapa, dianjurkan pula untuk makan buah kelapa, baik yang masih berbentuk degan, yang muda maupun yang tua, yang masih segar atau yang sudah dikeringan. Minum santen yang segar juga sangat bermanfaat. Dilaporkan bahwa setiap 50 gram buah kelapa kering setara dengan 20-25 gram asam laurat, yang potensial dan sangat dibutuhkan untuk melawan virus HIV.
Sifat lain yang sangat bermanfaat dan berguna bagi kesehatan kita ialah bila minyak kelapa dikonsumsi, di dalam tubuh segera dimetaboliser untuk memproduksi energi dan tidak diubah atau disimpan sebagai deposit lemak dalam jaringan lemak tubuh, dan tidak pula diubah menjadi kolesterol dan masuk ke dalam aliran darah. Sebaliknya semua jenis minyak goreng (yang bukan dibuat dari kelapa) kalau dikonsumsi sebagian akan diubah menjadi lemak dan didipositkan sebagai lemak dalam jaringan lemak tubuh, sebagian lagi menjadi kolesterol dan masuk dalam aliran darah. Ada pula yang lebih gawat lagi, minyak goreng itu mengandung ikatan ganda (double bound) baik asam lemak tak jenuh tunggal atau ganda, jika minyak demikian dipanaskan, maka akan berubah bentuk menjadi Trans. Minyak goreng dengan bentuk trans telah dibuktikan sangat merugikan dan berdampak sangat negatif terhadap kesehatan kita, karena ia bersifat sebagai radical bebas (free radicals ) . Hasil penelitian dari Prof. Jon Kabara dari Michigen State University, telah menyadarkan kita, bahwa hampir selama 3 dekade kita telah dibohongi oleh indusri minyak goreng. Karena mereka mengklaim bahwa minyak murni mereka, yang mengandung mono dan poly-unsaturated, adalah jauh lebih unggul dan aman bagi kesehatan daripada minyak kelapa, sebab katanya tidak akan mengakibatkan pembentukan kolesterol. Sekarang baru diketahui dan telah dibuktikan bahwa itu adalah tidak benar. Demikian pula margarin yang terbuat dari minyak asam lemak tak jenuh tunggal atau ganda, yang dijenuhkan dengan cara memampatkan atom hidrongen pada ikatan gandanya (Hydrogenated unsaturated fatty aicds oil), adalah berbentuk trans juga, jadi bersifat radikal bebas, sehingga dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit degeneratif kronis seperti penyakit jantung koroner, kencing manis, asma, penyakit auto immun, kanker dansebagainya. Demikian pula kalau minyak yang tak jenuh itu dipakai ulang untuk menggoreng (deep fried) beberapa kali, maka akan terjadi polimerisasi, sehingga minyak jelantah itu nampak kental dan berkonsistensi seperti oli mobil. Minyak jelatah demikian berdampak buruk bagi tubuh dan dapat menyebabkan penyakit degeneratif kronis dan kanker. Jika terpaksa, jangan sampai memakai minyak jelantah untuk mengorang lebih dari 4 kali.
Air seni yang diminum akan bekerja secara sinergik dengan minyak kelapa. Karena ia merupakan sumber nutrisi dan kalori yang berharga bagi tubuh yang lemah dan sedang sakit. Ia juga dapat meningkatkan sistem daya pertahanan tubuh dengan memproduksi anti-bodi, baik yang humoral maupun yang selluler (terutama untuk meningkatkan sel-T-limfosit, CD4) sehingga bisa melawan virus HIV/AIDS. Sekalipun pada awalnya jumlah senyawa dalam air seni seperti mineral, vitamin, hormon, enzim, asam-asam amino essenssial dan non-essensial, anti-bodi dsb, jumlahnya kecil sekali, tetapi karena terus didaur secara terus menerus dengan cara diminum setiap kali kencing sepanjang hari selama sedang sakit, maka jumlahnya unsur-unsur yang terkanadung lama kelamaan menjadi besar juga, akibat terjadinya snow ball effect . Dan akhirnya ia mempunyai sifat self healing power untuk menyebuhkan penyakit yang dideritanya. Dengan demikian kombinasi minyak kelapa dan air seni merupakan pasangan yang hormonis dan potensial, karena yang pertama membunuh virusnya dan yang akhir memproduksi anti-bodi melawan penyakitnya.
Yang lebih penting lagi penggunaan minyak kelapa dan air seni sebagai pengobatan alternatif adalah dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah dan medis. Biaya yang diperlukan hampir tidak berarti, karena minyak kelapa harganya relatif murah dan kalau perlu dibuat sendiri di rumah. Bahan baku buah kelapa tersedia berlimpah ruah di seluruh peloksok Nusantara kita yang tercinta sepanjang tahun tanpa ada habisnya. Sebaliknya air seni yang berasal dari karunia Tuhan, tersedia sepanjang hayat hidup kita dan diberikan secara cuma-cuma. Air seni sendiri dapat diperoleh kapan saja dan dimana saja. Sekarang sudah banyak ditemukan , baik di India, Eropa, Cina, Jepang, Amerika dan negara-negara lain, rumah-sakit rumah-sakit yang melayani pasiennya dengan cara pengobatan pakai air seni. Juga di negara-negara tersebut sudah ada lembaga – lenaga penelitian air seni. Pengobatan terapi auto urin sekarang mengalami kebangkitan yang luar biasa dan sudah mendunia dengan bukti sejak tahun 1996 sudah terselenggaranya 3 kali Konferensi Dunia Tentang Terapi Urin. Yang pertama di India pada bulan Februari 1996, kedua di Jerman pada bulan Mei 1999 dan yang ketiga pada bulan April 2003 yang baru lalu di Belo Horizonte, Brasil. Tidak salah lagi kalau John W. Amstrong, pelopor urin terapit zaman modern dari Inggris, menyebut air seni sebagai The Water of Life. Koen van de Kroon, pakar terapi urin terkenal dari Belanda menyebutnya sebagai The Golden Fountain, dan Dewa Shiwa dari India, 5000 tahun yang lalu sudah menamakannya The Holy Water! Terapi auto urin sejak 5000 tahun yang lalu sampai sekarang masih tetap eksis dan tetap digunakan dalam penobatan. Hal ini membuktikkan bahwa air seni itu bermanfaatan dan berkhasiat sebagai pengobatan komplementer dan alternatif, dan sudah diakui di seluruh dunia. Sedangkan minyak kelapa atau kelentik, Dr. Bruce Fife mengatakan dalam bukunya, bahwa ia adalah obat penyembuh yang ajaib dan termurah di dunia ini!


Jakarta, 09 Juli 2003
Iwan. T. Budiarso, DVM., M.Sc., Ph. D., APU
Ahli Patologi dan Terapi urin
Bagian Patologi Anatomi
Fakultas Kedokteran
Universitas Tarumanagara

Alamat kerespondensi:
Tm. Wijayakusuma D/ 10
Cilandak, Jakarta Selatan 12430
Telpon 789-1822

Kegunaan FRUIT &VEGETABLE

Fruits and vegetables are sources of many vitamins, minerals and other natural substances that may help protect you from chronic diseases. Some of these nutrients may also be found in other foods. Eating a balanced diet and making other lifestyle changes are key to defending your body’s good health.

Fiber
Diets rich in dietary fiber have been shown to have a number of beneficial effects including decreased risk of coronary artery disease. Excellent vegetable sources:
navy beans, kidney beans, black beans, pinto beans, lima beans, white beans, soybeans, split peas, chick peas, black eyed peas, lentils, artichokes

Folate*
Healthful diets with adequate folate may reduce a woman’s risk of having a child with a brain or spinal cord defect. Excellent vegetable sources:
black eyed peas, cooked spinach, great northern beans, asparagus

Potassium
Diets rich in potassium may help to maintain a healthy blood pressure. Good fruit and vegetable sources:
sweet potatoes, tomato paste, tomato puree, beet greens, white potatoes, white beans, lima beans, cooked greens, carrot juice, prune juice

Vitamin A
Vitamin A keeps eyes and skin healthy and helps to protect against infections. Excellent fruit and vegetable sources:
sweet potatoes, pumpkin, carrots, spinach, turnip greens, mustard greens, kale, collard greens, winter squash, cantaloupe, red peppers, Chinese cabbage

Vitamin C
Vitamin C helps heal cuts and wounds and keep teeth and gums healthy. Excellent fruit and vegetable sources:
red and green peppers, kiwi, strawberries, sweet potatoes, kale, cantaloupe, broccoli, pineapple, Brussels sprouts, oranges, mangoes, tomato juice, cauliflower

Good sources: These foods contain 10 to 19 percent of the Daily Value per reference amount.

Excellent sources: These foods contain 20 percent or more of the Daily Value per reference amount.

*According to the Institute of Medicine, a daily intake of 400 µg/day of synthetic folic acid (from fortified foods or supplements in addition to food forms of folate from a varied diet) is recommended for women of childbearing age who may become pregnant.

vegetarian

VEGETARIAN?


Istilah 'Vegetarian' diciptakan pada tahun 1847. Pertama kali digunakan secara formal pada tanggal 30 September tahun itu oleh Joseph Brotherton dan lain-lain, di Northwood Villa, Kent, Inggris. Saat itu adalah pertemuan pengukuhan dari Vegetarian Society Inggris.

Kata ini berasal dari Bahasa Latin 'vegetus', yang berarti keseluruhan, sehat, segar, hidup; (jangan dihubungkan dengan 'vegetable-arian' - mitos manusia yang diimajinasikan hidup seluruhnya dari sayur-sayuran tetapi tanpa kacang, buah, biji-bijian, dan sebagainya!)

Sebelum tahun 1847, mereka yang tidak makan daging secara umum dikenal sebagai 'Pythagorean' atau mengikuti 'Sistem Pythagorean', sesuai dengan Pythagoras 'vegetarian' dari Yunani kuno.

Definisi asli dari 'vegetarian' adalah "dengan atau tanpa telur atau produk dairy" dan definisi ini masih digunakan oleh Vegetarian Society hingga sekarang. Bagaimanapun juga, kebanyakan vegetarian di India tidak memasukkan telur ke dalam diet mereka, seperti juga mereka dari tanah Mediteranian klasik, sebagai contoh Pythagoras.




DEFINISI


Vegan: tidak memakan daging binatang (daging merah, unggas, ikan, dan makanan laut), produk hewani (telur dan susu), dan biasanya tidak mengkonsumsi madu dan tidak menggunakan atau memakai produk hewani (kulit, sutra, wol, lanolin, gelatin...). Masyarakat vegan utama seluruhnya tidak mengijinkan madu, tetapi beberapa "vegan" tetap menggunakannya. Beberapa "vegan" juga menolak untuk makan produk ragi.

Ovo-Lacto Vegetarian: seperti VEGAN, tetapi juga makan telur dan produk susu. Ini adalah bentuk vegetarian yang paling 'populer'.

Lacto Vegetarian: sama seperti VEGAN, tetapi juga makan produk susu.

Veggie -- panggilan pendek untuk seorang VEGETARIAN; sering mencakup pula VEGAN.

Vegetarian ketat: asalnya berarti vegan, sekarang bisa berarti vegan atau vegetarian.

Definisi dari istilah-istilah lain yang membingungkan

Semi-Vegetarian: Memakan lebih sedikit daging dari pada orang rata-rata. Lihat juga PSEUDO-VEGETARIAN.

Pseudo-Vegetarian: Mengaku sebagai vegetarian, tetapi bukan. Sering digunakan oleh para VEGETARIAN untuk mendeskripsikan SEMI-VEGETARIAN, dan PESCETARIAN.

Pescetarian: Sama dengan VEGETARIAN, tetapi juga mengkonsumsi ikan. (sering merupakan orang yang menghindari teknik-teknik 'peternakan pabrik'...)Lihat juga PSEUDO-VEGETARIAN.

Fruitarian: Sama dengan VEGAN, tetapi hanya makan makanan yang tidak membunuh tumbuhan tersebut (apel bisa dipetik tanpa membunuh pohonnya, sedangkan wortel tidak dapat).

Konsumen Sayuran: Berarti siapapun yang mengkonsumsi sayuran. Tidak selalu seorang VEGETARIAN.

Herbivora: Sebagian besar makan rumput atau tumbuh-tumbuhan. Tidak selalu VEGETARIAN.

Pemakan-tumbuhan: Sebagian besar makan tumbuhan. Not necessarily a VEGETARIAN.

Pemakan bukan-daging: Tidak makan daging. Sebagian besar definisi tidak menganggap ikan, unggas, ataupun makanan laut sebagai daging. Lemak dan minyak hewan, tulang, dan kulit tidak dianggap sebagai daging.

Kosher: Dibuat sesuai dengan peraturan diet Yahudi yang kompleks. Tidak menunjukkan VEGAN dalam kasus apapun. Tidak menunjukkan OVO-LACTO VEGETARIAN dalam kasus apapun. Bahkan produk KOSHER mengandung produk susu mungkin mengandung beberapa tipe hewan yang tidak dianggap 'daging'.

Pareve/Parve: Salah satu kategori dalam peraturan diet KOSHER. Dibuat tanpa daging dan produk susu ataupun hasil-hasilnya. Telur dan ikan termasuk pareve, kerang-kerangan tidak.

Nondairy: Presentase lemak susu yang dikandung tidak cukup untuk disebut dairy. Dapat mengandung susu atau hasil-hasil susu.

Tanpa daging: Dibuat tanpa daging. Dapat mengandung telur, susu, dan keju. Kadang-kadang bahkan mengandung lemak hewan, makanan laut, ikan, unggas.


MENGAPA VEGAN?


VEGANISME dapat didefinisikan sebagai suatu cara hidup yang ingin mengeluarkan, sejauh yang masih mungkin dan masih bisa dilaksanakan, segala bentuk dari eksploitasi, serta kekejaman terhadap, binatang untuk makanan, pakaian, dan maksud-maksud lain.

Dalam istilah diet vegan mengacu pada praktek membuang penggunaan *semua* hasil hewani - termasuk daging, ikan, unggas, telur, susu hewan, madu, dan hasil-hasilnya.

Kemualan terhadap kekejaman yang melekat pada peternakan susu, ternak, dan unggas mungkin adalah satu alasan terutama akan adopsi dari veganisme, tetapi banyak juga yang tertarik padanya untuk kesehatan, lingkungan, spiritual, dan alasan-alasan lainnya.

"Tanah, energi, dan sumber air yang digunakan untuk peternakan berkisar antara 10 hingga 1000 kali lebih besar daripada apa yang dibutuhkan untuk menghasilkan makanan nabati dengan jumlah yang sama. Juga, peternakan tidak hanya *menggunakan* sumber daya ini, melainkan *menghabiskannya*.

Semua ini terlihat dalam sejarah. Kebanyakan dari permukaan tanah dunia, erosi, kehabisan air tanah, serta pembabatan hutan -- faktor-faktor yang saat ini mengancam dasar sistem makanan kita -- adalah hasil dari bentuk produksi makanan yang destruktif ini" (Keith Akers, p. 81, "A Vegetarian Sourcebook", 1989).


BAGAIMANA VEGAN DI UCAPKAN?


Bagaimanakah "vegan" diucapkan?

Kata vegan diciptakan oleh Donald Watson pada tahun 1940-an. Dibaca "vee-gun". Ini adalah pengucapan yang paling umum di Inggris sekarang. Tidak ada yang bisa berkata pengucapan ini "salah", maka ini juga adalah pengucapan yang secara politik benar.

Di US, pengucapan yang umum adalah "vee-jan" dan "vay-gn" dan juga "vee-gn", walaupun Masyarakat Vegan America mengatakan bahwa pengucapan yang benar adalah yang sama dengan pengucapan di Inggris.

Inggris, US, dan tempat-tempat lain memiliki pengucapan yang berbeda-beda. Kadang-kadang ini adalah subjek yang sensitif, maka siaplah untuk merubah pengucapan anda...

Sedikit sejarah

Berikut ini adalah kata-kata Donald pada masa-masa awal (1945):

'Vegetarian' dan 'Fruitarian' telah dihubungkan dengan masyarakat yang memperbolehkan 'buah' dari sapi dan unggas, maka kita harus membuat sebuah kata yang baru dan sesuai... saya telah menggunakan judul 'Berita Vegan'. Jika kita mengambil kata ini, diet kita akan segera dikenal sebagai diet vegan dan kita akan naik pangkat sebagai vegan.


Bagaimana Kaitan Vegetarianisme dengan Kekurangan Makanan


Jawabannya sederhana: daging merupakan yang paling tidak ekonomis dan paling tidak efisien yang kita makan; harga satu kilo gram daging (protein dari daging) dua puluh kali lebih mahal daripada sejumlah sama dan kadar gizi yang sama protein nabati. Hanya 10% dari protein dan kalori yang kita berikan untuk makanan ternak didapatkan kembali melalui daging yang kita makan. Jadi 90% terbuang ke dalam selokan.

Tanah yang sangat luas digunakan untuk memelihara ternak dan makanannya, berhektar-hektar tanah itu kiranya dapat digunakan apabila ditanami gandum, kacang-kacangan, dan sayur mayur yang dapat dimakan oleh manusia secara langsung. Misalnya, satu hektar tanah yang digunakan untuk memelihara anak sapi, hanya akan menghasilkan 0,5 kg protein, tetapi apabila tanah yang sama digunakan menanam kedelai, maka akan dihasilkan 8,5 kg protein. Dengan perkataan lain, untuk memakan daging, kita membutuhkan 17 kali luas tanah apabila kita makan kedelai. Lebih-lebih kedelai lebih bergizi, kurang berlemak, dan terbebas dari racun yang dikandung oleh daging.

Memelihara hewan itu memboroskan sumber daya alam, bukan sekedar tanah luas yang diperlukan tetapi juga air. Penggunaan air untuk memelihara hewan 8 kali lebih banyak dari penggunaan air untuk menanam tumbuh-tumbuhan. Ini berarti bahwa sementara berjuta-juta orang di dunia kelaparan, segelintir orang kaya memboroskan berhektar-hektar tanah, air, dan gandum agar mendapat daging yang secara berangsur-angsur menghancurkan tubuhnya. Orang Amerika memakan lebih dari satu ton gandum setiap orang setiap tahun (karena gandum itu diberikan makan hewan yang manghasilkan daging), sementara penduduk dunia lain rata-rata makan 400 kg per orang per tahun.

Mantan Sekretaris Jendral PBB, Kurt Waldheim mengatakan bahwa konsumsi makanan negara-negara kaya merupakan penyebab utama kelaparan di dunia, dan PBB mendesak agar negara-negara kaya itu mengurangi konsumsi daging itu.

Cara petama untuk menanggulangi krisis pangan di dunia, menurut para ilmuwan, ialah mengalihkan pola makan dari pemakan daging ke pemakan tumbuh-tumbuhan (vegetarian). “Apabila kita vegetarian, kita dapat melenyapkan kelaparan dari dunia. Anak-anak akan terlahir dan tumbuh dengan cukup makanan, hidup lebih berbahagia, serta menyehatkan kehidupannya. Binatang-binatang akan hidup bebas sebagai makhluk alam, tidak dipaksa-paksa untuk melahirkan anak sebanyak-banyaknya yang lalu digemukkan dan akhirnya dibantai. Dan cukup makanan bagi yang kelaparan”. (B.Pinkus, Vegetable Based Protein).

“Bumi ini mempunyai kekayaan cukup untuk memenuhi kebutuhan setiap orang, namun tidak cukup untuk melayani keserakahan setiap orang”. (Mahatma Gandhi).

Karena banyak ilmuwan telah mengatakan bahwa makanan pokok di masa datang akan dipenuhi dengan protein nabati, maka banyak negara barat sedang melakukan riset untuk mengembangkan protein nabati yang enak, terbuat dari tepung kedelai. Orang-orang Asia dalam hal ini telah jauh lebih maju di dalam bidang ini; penduduk Asia telah mendapatkan cukup protein terbaik dengan memakan tahu tempe dan olahan kedelai yang dikenal sejak beribu-ribu tahunn yang lampau.

Makanan vegetarian merupakan makanan masa depan. Suatu pola makan yang harus ditempuh kembali kalau kita ingin menyelamatkan sumber daya alam dan terlebih kembali kalau kita ingin menyelamatkan sumber daya manusia di masa depan. Kaum vegetarian sekarang telah menunjukkan jalan yang pada akhirnya semua orang akan mengikuti, ketika orang semakin menyadari manfaat vegetarian dan kehancuran sebagai akibat menempuh jalan yang sekarang tempuh.


sumber: kasih lestari


Mitos Protein Daging




Jika dikatakan bahwa daging adalah makanan sehat bagi manusia dan harus ada atau tak boleh dikurangi, nilai gizinya adalah yang bertinggi, dan tidak ada bahan makanan lain yang dapat menandinginya, maka kita perlu mawas diri dan mengoreksinya. Secara mitos pendapat demikian dapat dibenarkan, tetapi menurut penelitian para ahli gizi dewasa ini, pandangan tersebut adalah suatu kekeliruan besar. Penjelasan di bawah ini, akan mengungkapkan segala sesuatunya menurut fakta dan kenyataan yang ada. Bagaimana pun juga, mengurangi konsumsi makanan berdaging dan beralih ke makanan nabati adalah lebih baik dan merupakan pilihan yang tepat, baik karena faktor lingkungan, agama, perekonomian, politik, maupun faktor kesehatan. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai mitos dan fakta (ilmiah) tentang protein :

Pertama
Mitos : Protein makanan daging lebih unggul daripada protein makanan lain.
Fakta : Dibanding dengan makanan palawija, keju, dan kacang-kacangan dalam kolom Kadar Protein, maka daging termasuk jenis makanan berkadar protein sedang, yakni sebanyak 25%.

Kedua
Mitos : Hanya melalui makanan berdaginglah satu-satunya cara untuk mendapatkan zat protein yang cukup.
Fakta : Jika makanan berdaging, ikan, ditukar dengan menu nabati yang terencana baik, maka akan dapat dipenuhi jumlah protein yang cukup untuk setiap hari (53g – 58g).

Ketiga
Mitos : Hanya daginglah satu-satunya sumber vitamin dan garam mineral.
Fakta : Selain vitamin B12, makanan nabati banyak mengandung 11 macam vitamin dan garam mineral, bahkan melebihi separuh dari yang terkandung dalam daging. Lagipula daging bukan satu-satunya sumber vitamin B12 karena pada semua jenis susu dan tempe juga terdapat vitamin tersebut.

Keempat
Mitos : Jenis protein daging adalah protein nilai tertinggi di antara segala jenis makanan.
Fakta : Yang dimaksud dengan tinggi rendahnya nilai suatu protein adalah berapa banyak seharusnya zat protein yang akan digunakan tubuh. NPU telur dan susu lebih tinggi dari daging.

Kelima
Mitos : Karena dalam protein nabati terdapat kekurangan satu atau beberapa macam asam amino esensial, maka protein nabati tidak sama unggulnya dengan protein daging.
Fakta : Memang ada sementara protein nabati yang tidak mengandung atau kurang kandungan satu macam atau lebih asam amino esensialnya, tetapi dengan cara sekaligus memakan beberapa jenis makanan nabati dalam suatu hidangan, maka akan terpenuhilah ke-8 jenis asam amino esensialnya. Keadaan ini disebut Kelengkapan Protein

Keenam
Mitos : Makanan nabati kurang cita rasanya, kalah dibanding dengan makanan berdaging, yang lezat rasanya.
Fakta : Pada umumnya makanan berdaging hanya terdiri dari 5 macam daging ternak yang disembelih, akan tetapi makanan nabati terdiri atas 40-50 macam sayur-mayur, 24 macam kacang-kacangan, 20 macam buah-buahan, 12 macam biji-bijian dan 9 macam padi-padian, dengan demikian rasa, zat makanan, dan warnanya lebih bervariasi.

Ketujuh
Mitos : Karena makanan nabati mengandung banyak karbohidrat maka jika dibanding dengan daging, akan lebih mudah menggemukkan orang.
Fakta : Memang makanan nabati mengandung banyak karbohidrat tetapi tidak banyak mengandung zat lemak seperti makanan hewani. Jumlah kalori yang dihasilkan zat lemak (1g menghasilkan 9 kkal) lebih banyak dibanding dengan karbohidrat (1g menghasilkan 4 kkal). Lagi pula tubuh tidak membutuhkan terlalu banyak kalori. Kelebihan itu akan diubah menjadi timbunan lemak dalam tubuh yang merupakan penyebab kegemukan seseorang.

Akhirnya bisa dilihat bahwa sebenarnya rata-rata umur para vegetaris (yang berhati-hati terhadap konsumsi jumlah telur dan kadar lemak dalam susu) lebih tinggi daripada orang yang mengkonsumsi daging. Hal ini disebabkan karena tanpa disadari, banyak sekali penyakit yang diderita manusia bersumber pada daging yang dimakan.



Sehat Tanpa Daging


Apakah manusia secara alami pemakan daging?


Tidak! Nenek moyang manusia pada jaman dahulu adalah pemakan biji-bijian dan buah-buahan. Manusia mulai makan daging (mentah) ketika jaman krisis melanda bumi dimana tidak tersedia cukup makanan sesuai kebutuhannya. Untuk mempertahankan hidupnya mereka TERPAKSA makan daging dengan berburu dan lain lain. Lambat laun untuk menghilangkan rasa tidak enak dari daging mentah itu mereka mulai memasaknya. Demikian kebiasaan ini terus berlanjut sampai sekarang. Namun sistem dan organ pencernaan manusia tetaplah termasuk dalam golongan pemakan buah-buahan dan biji-bijian. (Lihat tabel). Ini juga terbukti kita tidak tergiur apabila kita melihat darah segar atau daging mentah dari rumah potong hewan. Kita sebenarnya menipu diri kita dengan memasaknya, menambahi bumbu untuk menghilangkan rasa asli daging itu. Sebaliknya melihat buah segar membuat kita tergiur untuk memakannya.

Tabel Perbandingan sistem dan organ pencernaan hewan pemakan daging, hewan pemakan rumput, pemakan buah dan manusia

Pemakan Daging
Pemakan Rumput
Pemakan Buah
Manusia

berkuku tajam
tidak berkuku tajam
tidak berkuku tajam
tidak bercakar

kulit tidak berpori berkeringat melalui lidah
berkeringat melalui pori pori kulit
berkeringat melalui pori-pori kulit
berkeringat melalui pori-pori kulit

gigi depan tajam
gigi depan tidak tajam
gigi depan tidak tajam
gigi depan tidak tajam

kelenjar liur dimulut kecil (tidak dibutuhkan mencerna pendahuluan makanan)
kelenjar ludah berkemb- ang untuk melakukan pencernaan pendahuluan
kelenjar ludah berkembang untuk melakukan pencernaan pendahuluan
kelenjar ludah berkembang untuk melakukan pencernaan pendahuluan

liur bersifat asam tidak ada enzym ptyalin
ludah alkali banyak ptyalin untuk pencern. pendahuluan
ludah alkali banyak ptyalin untuk pencern. pendahuluan
ludah alkali banyak ptyalin untuk pencern. pendahuluan

tidak bergigi geraham bertaring tajam
bergigi geraham tidak bertaring tajam
bergigi geraham tidak bertaring tajam
bergigi geraham tidak bertaring tajam

asam HCL keras di perut untuk mencernakan otot-otot keras, daging dsb
asam perut 1/20 X daya daya binatang pemakan daging
asam perut 1/20 X daya daya binatang pemakan daging
asam perut 1/20 X daya daya binatang pemakan daging

panjang usus 3 X panjang badan untuk mengeluarkan daging yang cepat membusuk
panjang usus 10 X panjang badan
panjang usus 12 X panjang badan
panjang usus 12 X panjang badan


Bagaimana Merubah Kebiasaan Makan Daging?

Kebiasaan yang lama dan mengakar tidak bisa dihilangkan dengan memaksakannya secara mendadak. Sebaliknya dengan menciptakan kebiasaan baru yang bertentangan dengan kebiasaan lama. Dengan memulai kebiasaan baru memakan makanan vegetarian dengan sendirinya kebiasaan makan daging itu akan terkikis dan berkurang secara berangsur-angsur dan akhirnya akan hilang sama sekali. Seperti kata pepatah “Alah bisa karena biasa”



sumber: anandamarga indonesia