Pages

Monday, October 02, 2006

manfaat olahraga

Kesehatan - TAK ADA ALASAN TAK OLAHRAGA
28 Jul 2004 11:40:04

Saat sehat seringkali olahraga terasa bukan satu hal yang amat penting terlebih dalam lingkungan yang serba sibuk dengan pekerjaan tapi olahraga akan terasa sebaliknya bila sebuah penyakit telah mengancam serius kesehatan.

Dalam sebua polling yang melibatkan sekitar 1100 wanita di Inggris menujukan empat dari lima wanita tidak melakukan cukup olahraga untuk menjaga kesehatan mereka- satu dari empat bahkan tidak melakukan sama sekali dan hanya satu dari lima yang berolahraga lima kali seminggu atau lebih dari 30 menit.

Alasan utama mereka tidak berolahraga adalah tidak memiliki waktu dan tidak memiliki movitasi untuk melakukannya. Karena itu cara pertama yang harus dilakukan adalah mengubah kebiasaan. Para ahli mengatakan olahraga harus menjadi prioritas dalam hidup dan harus diangap penting seperti halnya keluarga, teman, hubungan sosial dan pekerjaan.

Untuk menjelaskan pentingnya olahraga, para peneliti di Universitas Bristol meneliti pengaruh olahraga terhadap kesehatan. Hasilnya diantaranya olahraga teratur dapat mencegah beberapa jenis kanker terutama kanker usus hingga 50 persen. Selain efek jangka panjang, efek cepat olahraga antara lain meningkatkan sistem kekebalan, meningkatkan kualitas tidur, membantu mengontrol stres, gelisah dan depresi selain efek psikologi yakni meningkatkan self esteem, body image dan mood.

Seberapa banyak olahraga yang baik dilakukan? Karena olahraga adalah kegiatan fisik yang mudah disesuaikan dalam kehidupan sehari-hari setiap orang. Para ahli menyarankan lakukan olahraga selama 20 menit tiga hari per minggu.

Nah mulai saat ini tidak ada alasan lagi untuk malas berolahraga. Salah satu cara terbaik agar tetap termovitasi berolahraga adalah memiliki sebuah target tapi bila masih aja sulit untuk memulai, jangan khawatir. Anda dapat menjadikan lingkungan keluarga sebagai motivasi seperti anak-anak atau keponakan untuk mengajak mereka berolahraga.

(Ya2n/Netdoctor)

No comments: