Pages

Monday, October 02, 2006

BAHAYA MEROKOK

Kesehatan - Kebenaran Dibalik Mitos Merokok
01 Jul 2004 16:17:24

Menurut sebuah penelitian baru rokok dengan kadar nikotin rendah sama bahaya dengan rokok biasa. Untuk memperingati Hari Tanpa Tembakau se-Dunia yang jatuh hari ini, berikut enam mitos dan fakta tentang merokok.


Mitos 1: Rokok dengan kadar tar rendah jauh jauh lebih baik
Bertentangan dengan pemikiran popular yang mengatakan rokok berkadar tar rendah sama berbahaya dengan rokok bertar lebih tinggi.

Belum ada penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa berpindahnya perokok ke rokok tar rendah dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Kenyataanya, banyak bukti yang berkembang menunjukkan rokok rendah tar bertanggung jawab timbulnya adenocarcinoma- sejenis kanker yang ditemukan dalam cabang paru-paru.


Mitos 2 : Beberapa batang rokok per hari tidak akan bahaya
Anggapan yang mengatakan merokok diakhi pekan atau hanya beberapa batang per hari tidak berbahaya adalah keliru karena bukti menyatakan beberapa batang rokok dapat merusak kesehatan.

Hal ini didasari kenyataan perokok pasif bisa terkena resiko hanya 30 menit setelah menghirup asap rokok, cukup memicu perubahan pada arteri non perokok dan menyebabkan aliran darah tidak teratur yang memiliki andil terhadap masalah jantung.

Non perokok yang tinggal dalam lingkungan perokok memiliki 25 persen kemungkinan terkena resiko berkembangnya penyakit jantung dan kanker paru-paru.


Mitos 3 : Merokok tapi tidak kecanduan
Menurut laporan yang dipublikasikan oleh Royal College of Physicians, nikotin memiliki sifat adiktif seperti heroin dan kokain. Hal ini disebabkan nikotin adalah obat yang memiliki kekuatan memicu pengeluaran dopamine-senyawa yang menimbulkan rasa senang dalam otak.


Mitos 4: Merokok dapat menurunkan berat badan
Hal ini benar orang biasanya akan bertambah berat badan ketika mereka berhenti merokok. Tetapi para ahli mengklaim ini seringkali bersifat sementara dan setelah behenti merokok selama beberapa tahun, berat badan akan kembali normal.


Mitos 5 : Merokok sudah cukup lama sehingga tidak ada utungnya berhenti
Tidak masalah berapa usia anda, selalu akan menguntungkan jika berhenti merokok. Semakin lama anda merokok , semakin besar peluang terjangkit penyakit dan kanker paru-paru. Tetapi dengan berhenti merokok sebenarnya dapat membalikkan pengaruh merokok dan memberikan paru-paru kesempatan penyembuhan.


Mitos 6 : Rokok menthol lebih baik dibanding rokok biasa
Roko menthol tidak ada bedanya dari rokok umumnya kecuali rokok tersebut diberi rasa menthol. Mereka sama mengandung nikotin seperti rokok biasa dan mengandung lebih dari 600 sneyawa yang beberapa dintaranya terbukti penyebab kanker.
(ya2n/female.uk)

No comments: