Pages

Tuesday, October 03, 2006

Tempe dan Vegetarian

Manfaat Tempe

Makanan asli Indonesia, yang disebut-sebut dalam Serat Centini dan buku History of Java karangan Stanford Raffles, itu bukan lagi santapan orang pinggiran. Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahkan mengakuinya sebagai makanan yang berkhasiat yang dapat mencegah dan mengatasi berbagai penyakit. WHO bicara begitu setelah hasil penelitian tentang senyawa pembentuk tempe di sejumlah Negara maju, seperti AS, Jepang, Inggris, dan Jerman, berbuah positif. Tak heran, berbagai buku resep tentang cara mengolah tempe kini bermunculan di Negara-negar kaya itu.



• Penganan diet

Sebelumnya perlu diluruskan, tempe yang dimaksud di sini adalah tempe hasil fermentasi kedelai dengan inokulum Rhizopus sp. Merupakan jamur yang dapat mengurai protein dalam kedelai menjadi asam amino, sehingga lebih mudah dicerna tubuh. Salah satu sumbangan terbesar tempe buat perempuan adalah kemampuannya membuat tubuh tetap langsing, serta mendukung program penurunan berat badan. Ketimbang menelan makanan rendah kalori bikinan pabrik yang rasanya tidak karuan mending mengkonsumsi tempe. Kandungannya hanya 157 kalori per 100 g. harus diakui, kadar lemak tempe memang cukup tinggi. Setiap 100 gramnya mengandung 8,8 g lemak pada tempe segar dan 19,7 g pada tempe kering. Namun tempe juga mengeluarkan enzim lipase, yang akan memecah lemak itu menjadi asam lemak yang dibutuhkan tubuh.



• Mending dibacem

Tempe juga dipercaya dapat mencegah anemia dan osteoporosis. Tempe berperan sebagai pemasok mineral, vitamin B12, dan zat besi yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah. Di luar tempe, vitamin B12 hanya terdapat pada pangan hewani, itu sebabnya, vegetarian sangat tergantung pada tempe sebagai pemasok vitamin B12. tempe juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Senyawa protein, asam lemak PUFA, serat, nniasin, dan kalsium di dalam tempe dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat. Agar khasiat zat-zat bermanfaat itu tak banyak terbuang dalam proses pemasakan, dianjurkan temep dimasak dengan menu seperti sup, semur atau dibacem. Cara-cara itu lebih sedikit mengurangi khasiat tempe, ketimbang digoreng, misalnya.



• Kebal diare

Tempe juga merangsang fungsi kekebalan tubuh terhadap E. coli, bakteri penyebab diare. Lazimnya, penyakit ini datang lantaran buruknya sanitasi lingkungan dan kurang bersihnya makanan. Untuk mengatasinya, berikan pertolongan pertama dengan memberi si sakit racikan tempe. Caranya, tempe dikukus lalu dihaluskan, kemudian dicampur dengan air tajin dan garam. Berikan racikan tempe itu berkali-kali. Cara itu terbukti manjur mengatasi diare dan kolera.





Resep Buah dan Sayur untuk Terapi
Oleh: Emma S. Wirakusumah

BUAH DAN SAYUR UNTUK TERAPI
Hidangan berupa buah-buahan dan sayuran yang dikonsumsi sebagai minuman dan makanan sehari-hari, biasanya ditekankan pada selera konsumen. Dengan demikian, hidangan tersebut harus terasa enak selain aromanya cocok dan berwarna menarik. Secara umum, buah-buahan ataupun sayuran seperti pepaya, apel, mangga, wortel, tomat, seledri, dan lain-lain akan tetap cemerlang warnanya bila dicampur dengan sedikit jeruk (lemon, keprok, atau nipis). Penambahan jeruk juga akan menambah khasiat dari juice atau masakan itu sendiri. Untuk pemanisnya lebih dianjurkan menggunakan madu atau gula merah (khususnya juice alpukat).

Bagi yang sibuk, membeli juice dan penganan jadi di restoran atau kedai makanan dan minuman lebih praktis bila dibandingkan dengan membuatnya sendiri di rumah. Namun, bila ditelaah lebih lanjut membuat juice dan penganan lain dari buah dan sayuran sebenarnya tidak sulit dan tidak memerlukan ketrampilan khusus karena proses pembuatannya sangat sederhana.

Pembuatan juice dan penganan lain di rumah mempuyai beberapa keuntungan sebagai berikut: Buah dan sayuran yang digunakan dapt dipilih yang benar-benar matang dan segar. Dengan demikian vitamin, mineral, dan substansi lainnya masih dalam keadaan baik.

Dapat dikontrol dengan tepat perbandingan berat buah atau sayuran yang dicampur. Kebersihan lebih terjamin. Lebih ekonomis karena harga buah-buahan dan sayuran mentah lebih murah daripada harga juice dan penganan yang siap untuk disantap. Kombinasi berbagai macam buah dan sayur akan menjadikan penganan atau juice kelihatan menarik.

Selain itu, kombinasi berbagai macam buah dan sayur akan menambah khasiat penganan atau juice itu sendiri. Resep-resep mutakhir buah dan sayur sebagai pencegah maupun penyembuh penyakit akan disajikan sebagai berikut:

Juice Sirsak, Nenas, dan Pepaya
Khasiat: memperlancar penceranaan makanan, anti sembelit, dan meningkatkan nafsu makan. Bahan: 250 g sirsak, 100 g nenas, 100 g pepaya, 2 sendok makan air jeruk nipis, 2 sendok makan madu, 100 cc air dingin atau es. Cara membuat: Sirsak dan air dibuat juice, diberi madu dan air jeruk nipis. Nenas dan pepaya dipotong-potong berbentuk dadu kecil. Campurkan potongan nenas dan pepaya dengan juice sirsak.

Wedang Jahe Semangka
Khasiat: melancarkan pencernaan dan mencegah kanker. Bahan: 250 g buah semangka, 250 ml air, 125 ml sari jahe, 2 sendok makan gula pasir, 1 ons irisan jahe. Cara membuat: buah semangka dibuat bulat-bulat dengan cetakan, lalu dinginkan beberapa jam dalam lemari es. Campurkan air, sari jahe, dan gula, lalu didihkan dengan api sedang. Campurkan semua bahan kemudian hidangkan.

Nanas Campur
Khasiat: membantu pencernaan protein, membantu kesehatan mata, menurunkan kolesterol darah, dan menjaga kesehatan kulit. Bahan: 100 g wortel, 100 g mentimun, 250 g nanas matang, 4 buah cabe merah, 50 ml cuka, 400 ml air, 100 g gula merah, garam secukupnya. Cara membuat: Bersihkan (cuci) sayuran dan buah-buahan, wortel, mentimun, dan nanas dipotong-potong sebesar batang korek api atau diparut gobet. Haluskan cabai merah kemudian tambahkan cuka, air, gula merah, dan garam. Selanjutnya didihkan hingga gula larut. Masukkan wortel, mentimun, dan nanas. Biarkan hingga bumbu meresap.

Teh Jeruk Segar
Khasiat: menyembuhkan sariawan, menghilangkan batu empedu, dan mencegah sembelit. Bahan: 2 kantung teh celup, 500 ml air mendidih, 60 ml air jeruk nipis, 50 cc madu, 250 g nanas, cincang kasar, 500 ml sari jeruk lemon, 150 g melon, potong kecil-kecil, 2 buah jeruk lemon berkulit, iris tipis. Cara membuat: Tuangkan air mendidih ke dalam teh celup sampai sari teh keluar, kemudian disisihkan. Didihkan air jeruk nipis dan gula pasir di atas api sedang sampai gula larut. Angkat dan biarkan sampai dingin. Ke dalam seduhan air teh, masukkan larutan gula dan air jeruk, nanas cincang, sari buah jeruk, sari buah lemon, potongan melon, dan irisan jeruk lemon, kemudian diaduk rata. Simpan di lemari pendingin sampai waktu dihidangkan. Sajikan dalam keadaan dingin dalam gelas.





SEHAT DENGAN JUICE
Sumber: Wirakusumah, Emma S. Buah dan Sayur untuk Terapi.
Jakarta: Penebar Swadaya, 1995





Juice Mangga

Obat asma, bronkhitis, sesak nafas, dan influensa berat Bahan: 200 g mangga
masak pohon, 100 g air, 1/4 sendok makan jeruk nipis, 2 sendok makan madu.
Cara: Semua bahan dimasukkan ke dalam juicer.

Juice Kombinasi Buah

Melancarkan pencernaan, sembelit, dan kembung perut. Bahan: 100 g pepaya,
100 g apel, 100 g nenas, 2 sendok makan jeruk nipis, 2 sendok makan madu,
200 cc air es. Cara: Semua bahan dimasukkan ke dalam juicer.

Juice Melon

Membantu sistem pembuangan, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung dan
stroke, dan mencegah penggumpalan darah. Bahan: 200 g melon, 2 sendok makan
jeruk nipis, 2 sendok makan madu, 1 sendok makan sari jahe, 100 cc air es.
Cara: Pembuatan sari jahe: jahe diparut, kemudian diperas untuk diambil sarinya.
Semua bahan dimasukkan ke dalam juicer.

Juice Sirsak Nenas Pepaya

Memperlancar pencernaan makanan, anti sembelit, dan meningkatkan nafsu makan.
Bahan: 250 g sirsak, 100 g nenas, 100 g pepaya, 2 sendok makan air jeruk nipis,
2 sendok makan madu, 100 cc air es. Cara: Sirsak dan air dibuat juice, diberi
madu, dan air jeruk nipis. Nenas dan pepaya dipotong-potong berbentuk dadu
kecil, campurkan potongan nenas dan pepaya dengan juice sirsak.

Wedang Melon dan Anggur

Membantu pembentukan darah, mencegah kerusakan gigi, dan menurunkan kolesterol.
Bahan: 250 buah melon, 1/2 gelas air, 1/2 gelas gula pasir, 1/4 gelas sari
jahe, 200 g anggur hijau. Cara: Melon dibuat bentuk bulat-bulat kecil, dinginkan
dalam lemari es. Campurkan air, gula, dan sari jahe, didihkan hingga gula
hancur. Setelah dingin masukkan ke dalam lemari es. Anggur dicuci bersih,
lalu campur dengan melon dan larutan sari jahe.

Punch Asam Segar

Menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol darah, memperlancar
pencernaan, dan anti kanker. Bahan: 250 g belimbing masak, 2 sendok makan
air jeruk lemon, 4 sendok makan madu, 300 ml sari jahe dingin, 250 ml air
dingin, 1 buah jeruk manis, 200 ml es krim vanili. Cara: Potongan belimbing,
sari jeruk lemon, dan madu diblender hingga halus; campurkan dengan sari jahe
dan air dingin, kemudian diaduk hingga rata. Tuangkan dalam gelas-gelas saji
dan diberi potongan jeruk manis serta es krim vanili.

Koktail Buah Berempah

Menurunkan tekanan darah tinggi, memperlancar pencernaan, menstabilkan kadar
gula darah, dan mencegah penyakit jantung. Bahan: 1 l air, 150 cc madu, 50
g gula merah, 4 butir cengkeh, 10 cm kayu manis, 1/2 butir pala, 5 iris jahe
(memarkan), 3 lembar daun pandan, 5 buah apel hijau, potong dadu, 150 g anggur
hijau, 150 nanas, potong-potong kecil. Cara: Air dididihkan kemudian tambahkan
madu, gula merah, cengkeh, kayu manis, pala, jahe, dan daun pandan. Campuran
tersebut dimasak sampai mendidih dan gulanya larut. Selanjutnya adonan diangkat
dan disaring. Masukkan potongan apel, nanas, dan anggur selagi larutan gula
masih panas, kemudian ditutup. Sajikan dalam kondisi hangat.

Disko Apel

Mencegah dan menyembuhkan penyakit jantung, membantu sistem pencernaan, dan
antikanker. Bahan: 400 ml juice apel, 200 ml juice melon, 200 ml juice jambu
biji, 100 cc madu, potongan buah apel dan belimbing. Cara: Semua bahan dimasukkan
dalam blender, kemudian diproses sampai halus. Hasilnya disimpan dalam lemari
pendingin. Tuangkan ke dalam gelas saji.

Sari Bayam Alpukat

Antikanker, mencegah kurang darah, dan memelihara kesehatan kulit. Bahan:
200 g alpukat, 50g daun bayam, 400 ml air, 1 sendok makan madu. Cara: Bayam
direbus dengan 400 ml air hingga sisa 200 ml. Masukkan alpukat, bayam, dan
air kemudian diblender bersama sampai halus. Selanjutnya disaring tanpa diberi
madu terlebih dahulu. Masukkan ke dalam lemari es supaya dingin.


Pisang bagi Kesehatan dan Kecantikan

Kata para peneliti, manusia merupakan hasil evolusi dari monyet sejak zaman purba kala. Hal ini masih menjadi kontroversi, mengingat secara kacamata iman kita tidak diajarkan demikian. Namun mungkin ada benarnya, bila melihat adanya kesamaan antara makanan utama monyet dengan buah yang banyak diminati oleh manusia, yaitu pisang.

Pisang bagi orang jaman dulu dapat dimanfaatkan sampai ke tunasnya. Maksudnya, tidak hanya buahnya saja yang dimakan tapi juga daun, getah dan tunasnya dapat dimanfaatkan. Tidak hanya itu, ternyata banyak mengkonsumsi pisang sangat berguna bagi tubuh manusia. Apakah anda sudah tahu?

Pisang mengandung banyak gizi, antara lain kalsium, lemak, mineral, vitamin, karbohidrat, protein. Dari kandungan inilah maka pisang ampuh memberikan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Dari segi kesehatan, pisang dapt mengatasi anemia karena mengandung zat besi yang cukup banyak, kemudian dapat mengatasi depresi dan stress karena pisang mengandung asam triptopthan yang kemudian diubah menjadi serotonin, yaitu zat yang dapat merubah suasana hati. Kandungan vitamin B6 di dalamnya mengatur kadar glukosa dalam darah yang dapat mengubah mood. Sedangkan saat stress, jantung berdegup kencang dan banyak kalium dalam tubuh yang terbuang.

Karena pisang mengandung banyak kaliun, maka dapat mengembalikan kadar kalium dalam tubuh dan melancarkan pengiriman oksigen ke otak.

Selain itu, pisang juga sangat baik bagi ibu yang mengandung. Karena, megandung asid folat yang mudah diserap oleh janin dan baik bagi perkembangan sistem saraf janin. Pisang dapat dijadikan sumber kekuatan tenaga karena mengandung gula yang dapat diubah sumber tenaga dan dapat menghilangkan rasa lelah.

Dari segi kecantikan, pisang biasa digunakan sebagai masker wajah, mengatasi rambut rusak dan menghaluskan tangan. Biasanya pisang dicampurkan dengan susu atau madu untuk memberikan hasil yang maksimal. Hal yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat banyak adalah pisang mampu membantu perokok mengatasi kecanduan nikotin karena kandungan B6 dan B12 di dalamnya membantu untuk menetralisir pengaruh nikotin.

Oleh sebab itu, jangan malu bila dibilang mirip monyet karena suka makan pisang. Terbukti pisang mempunyai banyak manfaat.

Terapi Buah-Buahan

Buah-buahan organik dapat menjadi alternatif yang alamiah untuk melakukan detoksifikasi kata dokter Riani Susanto, seorang praktisi kesehatan yang juga seorang spesialis detoksifikasi dalam Seminar Hidup Sehat dan Seimbang Ala Organik, 25 September 2004. Seminar ini adalah salah satu rangkaian kegiatan Kampoeng Organik, Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan. Buah-buahan organik ini dapat membersihkan darah, membuang racun yang menumpuk dalam sel, dan membantu regenerasi sel baru. Satu cara detoksifikasi alami. Salah satu keuntungan terpenting dalam detoksifikasi adalah membersihkan dan memperbaharui peredaran darah. Darah sangat penting untuk membawa nutrisi dan oksigen ke setiap sel di dalam tubuh. Darah juga berfungsi untuk membawa racun-racun dari sel-sel untuk dikeluarkan melalui ginjal dan paru-paru.

Detoksifikasi sebenarnya bermanfaat, karena organ dan kelenjar tubuh manusia memerlukan untuk memperbaharui sel-sel dan memperbaiki kinerjanya, kata Riani Susanto menjelaskan. Manfaatnya lebih besar lagi apalagi detoksifikasi dilakukan secara alamiah yaitu menggunakan buah-buahan organik sebagai pembersih sistem tubuh. Buah-buahan organik adalah buah-buahan yang bibitnya memang jelas alamiah, tanpa rekayasa genetik, ditanam dan dibudidayakan tanpa pupuk maupun pestisida kimiawi. ”sebuah tomat yang dihasilkan secara organik, memiliki kandungan vitamin C 37% lebih tinggi daripada tomat yang disemprot dengan pestisida kimia” kata dokter Ammarulloh, seorang praktisi kesehatan lainnya yang berbicara pada seminar yang sama. Kandungan vitamin A dari tomat organik juga 41% lebih tinggi, daripada tomat yang disemprot pestisida, dan itu juga berlaku untuk mineral-mineral lainnya, lanjutnya lagi. Selain itu, buah-buahan organik juga mengandung khasiat tertentu yang dapat mengobati beberapa jenis gangguan kesehatan. Jika kita mengalami gangguan pada ginjal dan sistem air seni, yang harus kita lakukan adalah makan semangka atau jus semangka sebanyak-banyaknya dan secara otomatis, ginjal dan saluran air seni kita akan lancar dengan sendirinya, kata Riani Susanto lagi. Jika gangguannya adalah saluran pencernaan, maka yang harus dimakan adalah melon, ujarnya lagi. Beberapa contoh tersebut menunjukan bahwa buah-buahan organik merupakan metode alternatif yang jauh lebih aman dan alamiah untuk melakukan detoksifikasi daripada obat-obatan atau suplemen buatan.


Mengatur Kadar Kolesterol

Hampir setiap orang yang tinggal di negara industri mengalami aterosklerosis artinya "Pengerasan pembuluh darah arteri". Di USA terdapat banyak anak-anak yang dalam tubuhnya telah mengalami lapisan lemak yang merupakan cikal bakal terjadinya aterosklerosis. Aterosklerosis merupakan pencetus untuk terjadinya stroke, serangan jantung dan masalah kesehatan lain yang serius.

Penyakit jantung berhubungan dengan faktor resiko yang terdapat dalam masing-masing individu itu sendiri. Faktor resiko tersebut adalah kadar kolesterol tinggi, merokok, tekanan darah tinggi. Resiko lain termasuk penyakit diabetes, kegemukan/obesitas, terdapat riwayat penyakit jantung dalam keluarga dan stress. Demikian juga dengan pengaruh pilihan makanan yang mempengaruhi kadar kolesterol.

Setiap sel termasuk sel manusia dan sel hewan mengandung kolesterol. Kolesterol penting dalam pembentukan sel dan kolesterol diproduksi oleh hati untuk kebutuhan tubuh sehingga tidak perlu makan makanan yang mengandung kolesterol.

Kolesterol dan fat menempel di permukaan protein kemudian baru beredar di seluruh tubuh. Sehingga dikenal dengan sebutan lipoprotein. Low density Lipoprotein (LDLs) yang kemudian membawa kolesterol ke organ melalui arteri-arteri. Kelebihan LDLs akan disimpan di dinding arteri disebut plaques menjadikan dinding arteri menjadi sempit dan dapat menyumbat aliran darah. Hal ini juga menjadi sempit dan menyumbat aliran darah. Keadaan ini dikenal sebagai aterosklerosis. Apabila aliran darah menuju ke jantung tersumbat, maka terjadilah serangan jantung. Apabila aliran darah menuju otak tersumbat maka terjadi stroke. LDLs emicu terjadi aterosklerosis sehingga dikenal sebagai "Kolesterol buruk". Kadar LDL yang tinggi merupakan resiko terjadi penyakit jantung.

"Kolesterol baik" dikenal sebagai high density lipoprotein (HDLs) dan cenderung bergerak kembali ke hati. Orang-orang yang berolah raga, tidak merokok, dan menjaga berat badan ideal cenderung mempunyai kadar HDLs yang lebih tinggi. Mayoritas bentuk kolesterol adalah LDLs, tinggi kadar kolesterol artinya tingginya kadar LDL. Kadar kolesterol darah yang tinggi ini berakibat pada banyak faktor. Bahkan orang-orang dengan ada riwayat keturunan mempunyai penyakit jantung cenderung mendapatkan penyakit jantung juga. Penyakit jantung dicegah dengan mengatur kadar kolesterol. Hal ini sangat penting karena setiap 1% penurunan kolesterol total terdapat penurunan resiko serangan jantung sebesar 2%. Populasi dengan kadar rata-rata kolesterol 150 atau lebih rendah maka mempunyai kecenderungan lebih besar bebas dari aterosklerosis. Untuk kadar kolesterol di bawah 150, resiko terserang penyakit jantung menurun. Berikut ini beberapa panduan untuk menurunkan kadar kolesterol.

Menurunkan Masukan Lemak terutama Lemak Jenuh

Lemak jenuh meningkatkan kadar kolesterol tetapi sebenarnya mudah dihindari. Lemak jenuh akan membeku pada temperatur ruangan. Lemak jenuh ini banyak ditemukan pada produk hewan tetapi sedikit ditemukan pada minyak sayur seperti minyak sawit, minyak kelapa, coklat dan lemak yang dihidrogenasi (ditambah dengan molekul hydrogen sehingga menjadi padat).

Menurunkan Masukan Kolesterol

Kolesterol pada makanan meningkatkan kadar LDLs. Kolesterol ditemukan pada produk-produk hewan; daging, unggas, ikan, produk susu, dan semua jenis telur kecuali produk tumbuh-tumbuhan. Memilih daging tanpa lemak ternyata juga tidak cukup menghindari tidak memperoleh kolesterol. Bahkan kolesterol terutama terdapat pada daging tersebut. Banyak orang terkejut menemukan bahwa ayam mengandung kolesterol yang sama banyak dengan daging sapi. Setiap 4 ons daging sapi atau daging ayam mengandung 100 mg kolesterol. Kolesterol sangat tinggi banyak ditemukan pada kerang-kerangan. Tidak ada "kolesterol baik" pada semua makanan. Kolesterol yang terdapat dalam makanan meningkatkan kadar kolesterol darah. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah mengurangi lemak dan menghindari produk hewani.

Menjadi Vegan

Seperti anjuran di atas, makanan dari tumbuh-tumbuhan seperti padi-padian, kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan buah-buahan adalah makanan terbaik untuk menjaga masukan lemak jenuh yang rendah dan menghindari kolesterol. Menjadi vegan berarti bebas terhadap semua produk hewani dan menurunkan resiko terserang penyakit jantung. Dalam suatu penelitian memperlihatkan orang-orang yang makan vegetarian mengurangi masukan lemak jenuh sampai 26% dan mencapai penurunan kolesterol yang berarti dalam hanya 6 minggu. Selain kadar lemak yang sangat rendah pada makanan vegetarian, protein sayuran juga membantu menurunkan resiko serangan jantung. Penelitian menunjukkan pula mengganti protein hewan dengan protein kedelai mengurangi kadar kolesterol walaupun kadar jumlah total lemak dan lemak jenuh dalam makanan tetap sama.

Serat : Keuntungan Tambahan Makanan Vegetarian

Serat yang larut menolong memperlambat penyerapan beberapa komponen makanan seperti kolesterol. Serat juga mengurangi jumlah kolesterol yang dibuat hati. Oats, barley, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran adalah sumber serat larut yang baik. Serat tidak dijumpai pada produk hewani.

Mempertahankan Berat Badan Ideal

Menurunkan berat badan membantu meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik), kelebihan berat badan merupakan salah satu resiko mendapat serangan jantung. Orang-orang yang gemuk di sekitar perut ("apple shaped") lebih beresiko terserang dibanding orang yang gemuk pada pinggang dan bokong ("pear shaped"). Orang dengan bentuk badan "apple shaped" seharusnya menurunkan berat dengan cara menurunkan lemak dan latihan aerobik.

Sering Makan tetapi Porsi Sedikit

Orang-orang yang porsi makannya sedikit tetapi frekuensinya sering mempunyai kadar kolesterol yang rendah. Pada penelitian, pria yang makan 3 kali sehari dibanding dengan ngemil 17 kali sehari menunjukkan ternyata pria yang ngemil 17 kali dalam porsi sedikit dapat mengurangi kadar kolesterol dibanding kelompok yang makan 3 kali sehari.

Mengendalikan Stress

Stress disebabkan meningkatnya pelepasan adrenalin yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Relaksasi seperti peregangan tubuh, menarik nafas dalam atau meditasi dapat menolong menurunkan kolesterol.

Olahraga

Aerobik meningkatkan HDL kolesterol dan menurunkan kadar LDL. Olahraga juga baik untuk jantung. Olahraga dapat memperkuat otot jantung, mengurangi berat badan dan menjaga tekanan darah normal. Olahraga dapat juga mengurangi stress. Olahraga tidak harus yang penuh semangat atau yang hebat. Sehari 30 menit berjalan juga baik.

Hindari Suplemen

Beberapa orang mempromosikan suplemen minyak ikan untuk menurunkan kolesterol. Menurut penelitian bahwa hal ini tidak menurunkan kolesterol tetapi hanya mempengaruhi trigliserida, suplemen mengubah pola lipoprotein secara keseluruhan di dalam darah yang bersifat merugikan. Demikian juga makan ikan tidak akan lebih baik dibanding dengan makan vegetarian.

Hindari tembakau

Tembakau tidak hanya membahayakan paru-paru tetapi juga terhadap jantung.

Lakukan Semua Bersama

Untuk menghentikan dan menormalkan kembali terjadinya ateroskerosis maka penting mengikuti semua pedoman di atas untuk menjaga kesehatan jantung. Membuat perubahan kecil hanya menghasilkan hasil yang kecil juga. Diet vegetarian yang rendah lemak dikombinasikan dengan olahraga, tidak merokok, dan mengendalikan stress adalah cara terbaik untuk menurunkan kolesterol dan dapat menyembuhkan penyakit jantung. Informasi lebih lanjut dapat dibaca di: Foods That Fight Pain, Eat Right, Live Longer, and Food for life by Neal Barnard, M.D. and Dr. Dean Ornish;s Program for Reversing Heart Disease by Dean Ornish, M.D.

No comments: