Pages

Monday, October 02, 2006

LIDAH BUAYA MANFAATNYA BANYAK

Kesehatan - LIDAH BUAYA TANAMAN BANYAK KHASIAT
12 Aug 2004 14:00:34

Lidah buaya atau Aloe vera merupakan tanaman yang berasal dari kawasan Afrika dan telah dikenal lama memiliki khasiat pengobatan sehingga tak heran bila lidah buaya menjadi teman para pertualang yang tercatat sepanjang sejarah.

Dibalik bentuk yang unik seperti tanaman gurun pasir kaktus, lidah buaya ternyata memiliki banyak khasiat pengobatan diantaranya dapat menyembuhkan berbagai masalah kulit. Dalam penelitian esktensif di Inggris pada tahun 1930-an dan 1940-an ditemukan lidah buaya dapat menyembuhkan luka, bisul dan luka bakar.

Khasiat penyembuhan yang dmiliki lidah buaya ini berkat sebuah komponen yang terkandung yakni aloectin B yang merangsang sistem kekebalan sehingga mempercepat penyembuhan selain digunakan dalam berbagai produk kecantikan.

Berikut beberapa manfaat lidah buaya selengkapnya:

Radangan sendi: Dalam beberapa penelitian terhadap binatang diketahui meminum jus lidah buaya atau minum dalam bentuk tablet dapat menurunkan pembengkakan dan peradangan sendi.
Asma: Bagi para penderita asma, lidah buaya juga dapat menjadi obat alternatif dengan meminum jus lidah buaya terutama bagi anda penderita asma yang tidak tergantung pada cortico-stereroid.
Bermanfaat bagi pencernaan: Pada dosis rendah, larutan lidah buaya diyakini dapat meningkatkan selera dengan meminum tiga tetes dengan air sebelum makan.
Sebagai obat pertolongan pertama: Lidah buaya adalah tanaman rumah yang sangat baik untuk menyembuhkan luka bakar sebagai pertolongan pertama dengan memotong daun dan kemudian menempelkan gelnya.
Membatu meringkan masalah perut: Dengan minum 50 ml jus yang terbuat dari gel lidah buaya sebanyak tiga kali sehari, masalah perut dapat diatasi dengan menetralisir keasaman perut.
Membantu penyembuhan pasca operasi: Seorang ahli dermatologi Amerika Dr. James Fulton mengunakan lidah buaya setelah melakukan banyak tindakan operasi seperti mempercepat pengeringan jahit bedah operasi dan pengangkatan kanker kulit.
Selain memiliki keuntungan pengobatan, lidah buaya juga dikenal sebagai sumber vitamin B12 dan mengandung banyak material penting bagi proses pertumbuhan dan fungsi sistem tubuh. Sejumlah penelitian di seluruh dunia menujukan lidah buaya merupakan tonic bagi sistem kekebalan, membantu mencegah berbagi jenis penyakit termasuk infeksi dan bahkan kanker dan HIV.

(Ya2n/Ivillage)

No comments: