Pages

Tuesday, March 09, 2010

khasiat sayur dan buah

Sekedar makan sayur dan buah saja memang mudah, tapi tahu ngga khasiat yang terkandung didalamnya? Nih coba simak :



BROKOLI

Brokoli tuh memiliki serat ajaib yang mampu berfungsi sebagai detoks dalam tubuh kita yang kelebihan minyak & kolesterol. Brokoli mengandung beberapa senyawa berbeda yang disebut isothiocynates, yang fungsinya buat nyegah kanker. Salah satunya indole-3-carbinol, dapat mencegah sel – sel kanker payudara, nah penting banget buat kaum hawa mengkonsumi brokoli. Studi 6 tahun di Belanda menemukan, makan brokoli dapat mencegah kanker colon dan kanker rectal (dubur), terutama pada perempuan. Brokoli juga mengandung lutein, yang dapat mencegah hilangnya penglihatan akibat usia tua macular degeneration. Jangan buang batang brokoli lho, iris tipis untuk campuran salad atau tumis. Sajikan Brokoli dalam bentuk nugget, soup atau gorengan (goreng dengan margarin) pasti lezat banget.

Khasiat Brokoli : mencegah kanker kolon, mencegah kanker payudara, dan kanker – kanker lainnya, penyakit jantung, kehilangan penglihatan akibat usia menua.



APEL

Camilan yang paling menyehatkan dan menyegarkan adalah apel yang lezat, dalam 1 buah apel hanya mengandung 81 kalori. Apel memiliki banyak serat yang bisa bersifat mengenyangkan, bagus untuk yang sedang diet, apel juga bisa mencegah oksidasi kolesterol (proses yang dapat menyumbat pembuluh-pembuluh arteri). Apel mengandung senyawa yang disebut quercetin, yang dapat membantu mencegah kanker paru. Peneliti Jepang menemukan orang-orang yang intake quercetin-nya tinggi mempunyai resiko penyakit jantung yang lebih rendah secara bermakna. Makan apel dalam keadaan mentah lebih enak, tapi bisa juga dikombinasikan sebagai salad, campuran tumisan sayur atau buat kue pie apple hm, enak tenan.

Khasiat Apel : mencegah penyakit jantung, penyakit kanker paru dan kanker-kanker lainnya.



JERUK

Jeruk adalah buah sejuta umat karena buah ini paling populer dan banyak penggemarnya, selain kaya vitamin C, potassiumdan folic acid, jeruk juga sumber sejenis phytochemical yang baik dan biasanya disebut hesperidin. Dalam tabung percobaan terbukti, hesperidin dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Berbagai studi populasi menunjukkan makan jeruk jenis apa saja, dapat mencegah penyakit kanker. Jeruk juga dapat memberikan serat yang membantu menurunkan penyakit jantung. Sangat praktis dijadikan camilan sehat, bisa disajikan sebagai salad, jus, atau hidangan penutup lainnya. Air perasan jeruk bisa jadi bumbu salad – salad dressing, saus, atau untuk marinade.

Khasiat Jeruk : mencegah penyakit jantung, penyakit kanker, tekanan darah tinggi dan menghindari bayi terlahir cacat.



BLUEBERRY

Blueberry termasuk makanan sumber antioksidan yang paling padat. USDA menemukan kapasitas blueberry sebagai antioksidan mengungguli 40 buah dan sayuran lainnya. Selain itu blue berry juga merupakan sumbervitamin C dan potassium yang baik, yang menyeimbangkan kadar-kadar mineral dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Anthocyannins sejenis pigmen yang memberikan warna unggu tua pada blueberry, juga dapatmencegah infeksi saluran kencing. Di negara kita, bluberry jarang ada dibanding strobery. Dapatkan dalam bentuk buah, yang dibekukan atau dikeringkan. Buah ini bisa dijadikan campuran pie, pancake,atau minuman smoothies, muffin atau dalam bentuk jus.

Khasiat Blueberry : mencegah penyakit jantung, infeksi saluran kencing.



WORTEL

Wortel adalah sumber beta karoten, pembasmi kanker yang istimewa. Satu batang wortel saja memberikan 10,3 mg beta karoten. Studi nunjukin diet tinggi karotenoid dapat ngurangi resiko penyakit jantung dan kanker. Wortel tua lebih banyak mengandung beta karoten ketimbang baby wortel, jadi pastikan kepasar pilih-pilih dulu wortel yang akan dibeli. Pada proses pemasakan wortel, akan membuat senyawa nutrein menjadi banyak. Wortel bisa dimakan secara mentah, atau dijadikan campuran salad, tumisan sayur, kue, biskuit, jus serta soup. Kalo kepasar beli wortel yang masih nempel batangnya, karena itu nunjukin masih segar.

Khasiat Wortel : mencegah penyakit jantung, kanker dan tekanan darah tinggi.



ANGGUR

Anggur mengandung phytonutrient yang disebut resveratrol, dimana riset nunjukin dapat mengurangi kolesterol dan meningkatkan aliran darah. Kendati anggur merah dapat berkontribusi lebih pada khasiat ini, anggur jenis lainnya tidak kalah hebatnya. Phytonutrient pembasmi kanker lainnya yang terdapat didalam anggur adalah procyanidins yang terkandung didalam bijinya. Tapi bukan berarti anda tdak boleh memakan buah anggur yang tidak berbiji. Sajikan anggur sebagai salad, jus, atau taburan unik di kue tart.

Khasiat Anggur: mencegah penyakit jantung.



CHERRY

Cherry yang asam atau yang manis adalah buah yang sangat sehat. Kaya dengan potassium yang mengatur tekanan darah (325 mg per cup), serat pencegah kanker (3 mg), dan berbagai nutrient berkhasiat lainnya. Cherry asam mengandung beta karoten yang membantu mencegah kanker, 6 kali lebih banyak dibanding cherry manis. Gunakan sebagai campuran makanan panggangan, seperti cake, cookies,muffin. Gunakan cherry asam pada tart dan pie.

Khasiat Cherry : mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi.



BAYAM

Bayam adalah sayuran wajib untuk ototnya Popeye, karena didalam bayam mengandung lutein dan folate yang hebat, yang juga berfungsi mencegah penyakit jantung plus bayi lahir cacat. Bayam memberikan zat besi untuk mencegah anemia. Tapi zat`besi didalam bayam tidak mudah diserap, nah ada cara jitu supaya zat besi dalam bayam mudah diserap, caranya masak bayam diwajan besi lalu tuang dengan makanan-makanan yang kaya akanvitamin C . bayam yang dibekukan baik untuk campuran soup atau pasta. Gunakan segar`untuk campuran salad, sandwich, ditumis, atau dimasak sayur bening.

Khasiat Bayam : mencegah hilannya penglihatan akibat usia menua, katarak, penyakit kanker, tekanan darah tinggi dan bayi lahir cacat.



BAWANG BOMBAY

Bawang bombay adalah sumber ketiga terkaya dari quercetin, sejenis senyawa untuk jantung sehat, yang terdapat juga dalam buah apel. Phytonutrient lainnya yang terdapat didalam bawang bombay dapat mencegah kanker perut. Bawang bombay adalah sumber potassium yang baik. Yang juga memberikan sedikitvitamin C . termasuk sayuran yang serba guna dan bisa digunakan dalam sejumlah banyak masakan. Ditumis, dibakar atau dimakan mentah sebagai campuran salad. Beberapa jenis seperti Maui, Texas Sweet dan Vidalia secara alamiah lebih manis dibanding yang lainnya. Saat mengiris bawang, biarkan akarnya tetap melekat untuk mencegah mata berair.

Khasiat Bawang Bombay ; mencegah penyakit jantung dan kanker.



TOMAT

Tomat mengandung lycopene sejenis karotenoid yang menunjukkan dapat menurunkan resiko kanker payudara pada perempuan. Juga dapat mencegah penyakit jantung. Pematangan dan pengolahan tomat membuat lycopene lebih siap diserap tubuh. Yang menarik adalah saus tomat ketchup, dan pasta tomat adalah 2 sumber yang paling kaya dengan lycopene. Buah tomat juga mengandungvitamin C , potassium dan folate. Untuk cita rasa terbaik, jangan simpam tomat dalam lemari pendingin, lebih baik simpan ditempat berangin atau terbuka.

Khasiat Tomat : mencegah kanker prostat`dan kanker payudara, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan bayi lahir cacat.



PLUM YANG DIKERINGKAN

Buah yang dalam keadaan segar dikenal sebagai prune ini melindungi jantung dengan menurunkan kadar kolesterol (berkat serat larut dan serat tak larut yang dikandungnya) dan mencegah oksidasi LDL ( berkat sejenis antioksidan yang dikandungnya yang disebut hydroxycinnamate). Makan 10 sampai 12 plum yang dikeringkan sehari juga dapat membantu mencegah kehilangan massa tulang yang berkaitan dengan menurunnya kadar estrogen. Mungkin ini berkat kandungan borron-nya, sejenis mineral yang membantu tubuh menyerap kalsium, kata para periset. Plum dapat dijadikan sebagai camilan atau tambahan serealia panas. Gunakan sebagai inggridient smoothie atau sebagai pure untuk polesan roti.

Khasiat Plum : mencegah penyakit jantung dan ostheporosis.



LEMON DAN JERUK NIPIS

Lemom dan buah sitrus lainnya mengandung limonene, sejenis anti-carcinogen yang ampuh. Paling sedikit 1 studi menunjukan, zat ini dapat mencegah kanker kulit. Air jeruk lemon dan air jeruk nipis juga merupakan sumber vitamin C yang baik yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Selain biasanya digunakan sebagai minuman, carilah resep yang menggunakan air jeruk lemon atau air jeruk nipis. Tambahkan irisan jeruk lemon pada makanan panggangan, dessert dan saus. Bisa juga diteteskan pada buah avoad atau salad.

Khasiat Lemon dan Jeruk Nipis : mencegah kanker dan sariawan.

No comments: