Pages

Sunday, January 08, 2006

sehat dengan terapi air



Air tak sekedar penghilang dahaga. Air sangat berguna bagi metabolisme tubuh, mengurangi sampah dan racun tubuh, termasuk mineral anorganik. Manfaat lain , air membantu pencernaan dan mengantar makanan ke jaringan-jaringan tubuh , menetralkan atau membakar lemak, membantu menurunkan berat badan,melancarkan aliran cairan tubuh seperti di darah dan kelenjar getah bening, mengantarkan oksigen ke sel-sel, merawat otot-otot, melumaskan sendi dan organ, mengatur suhu tubuh , serta merawat kulit agar tetap sehat.

Minum air 8 gelas sehari memang sudah mencukupi, namun apabila kita sakit maka terapi air didasari penggunaan air secara internal. Caranya siapkan air 1,5 liter pada saat menjelang tidur. Pagi hari setelah bangun, minum air yang telah disiapkan tersebut. Satu jam sebelum dan sesudah minum hendaknya tidak meminum atau makanan lain. Awalnya memang terasa mual, untuk mengatasinya , pertama minumlah 2 gelas, selanjutnya minum segelas lagi setiap 5 menit hingga habis.
Terapi air sangat baik untuk penderita arthritis atau rematik. Tiap pagi, siang dan malam hari, 1 jam sebelum makan dianjurkan minum 1,5 liter air, Jalankan terapi ini selama seminggu . bila berkurang sakitnya , lakukan terapi sebanyak 2 kali sehari.

Terapi air tidak hanya berguna bagi penderita rematik, tetapi juga untuk membersihkan tubuh dari racun. Terapi air sangat dibutuhkan untuk menjaga darah agar dapat berfungsi dengan baik. Dalam keadaan dehidrasi, tubuh mengambil cadangan air dari sel-sel tubuh dan darah.Karena kadar air dalam darah berkurang, darah menjadi lebih kental dan alirannya menjadi lebih lambat. Jantung pun harus bekerja ekstra keras.akibatnya tubuh akan lebih berisiko terkena hipertensi dan serangan jantung. Oleh karena itu minum air tidak hanya mencegah penyakit tapi juga membantu proses penyembuhan. Jangan lupa berdoa sebelum meminumnya

No comments: