Pages

Monday, January 09, 2006

Bagaimana supaya dapat tidur dan tidak



Suatu waktu kelak bila anda tidak dapat tidur, perhatikanlah penolong cara tidur alamiah ini:

- Banyaklah berolahraga pada pagi hari secara teratur , cara ini membantu membakar stres syang disebabkan oleh penambatan adrenalin di dalam otak, yang dapat menyebabkan rasa gugup saat berada dalam keadaan tegang dan yang nampaknya tidak dapat turuun. Jangan melakukan olahraga berat sesaat sebelum tidur karena hal itu dapat mengakibatkan jantung berdebar keras dan terlalu merangsang seluruh tubuh.

- Jangan pergi tidur sebelum mengantuk. Sebagai gantinya , lakukanlah beberapa aktivitas yang menyenangkan , lebih disukai aktivitas pasif, televisi bukan pilihan baik karena sinar sinar yang terpancar dari TV dapat merusak susunan syarat anda pada saat anda tidak begitu membutuhkannya.

- Jangan minum kopi, alkohol atau perangsang-perangsang lain yang kuat saat makan malam. Ibu bukan kepercayaan kuno. akhir-akhir ini seorang peneliti yangmengamati sejumlah pasien melihat dampak kaffein terhadap manusia menunjukkan bahwa jumlah keseluruhan tidur akan berkurang sebanyak dua jam dan rata2 waktu terjaga di antara saat-saat tersebut akan menjadi dua kali lipat lebih pada saat para pasien diberi kaffein yang sama dengan beberapa cangkir kopi. Alkohol mungkin dapat membuat anda tidur tapi alkohol cenderung tidak akan membiarkan anda tidur dalam waktu yang cukup lama. Sebagai gantinya anda akan terjaga pada dini hari.

- Minumlah susu. Ini merupakan pengobatan kuno, tapi secara ilmiah, minum segelas susu sebelum tidur akan membantu anda mudah tidur, susu mengandung tryptophan yaitu suatu pelopor bahan kimia penenang otak yang disebut serotonin yang penting untuk rileks dan memudahkan tidur. Susu yang kadar kalsiumnya tinggi, sering dianggap sebagai


``

No comments: