Pages

Sunday, January 08, 2006

Food Combining apakah itu?

Kombinasi makanan serasi adalah cara makan alamiah yang mengadaptasi pola makan food combining, yaitu pola makan yang masih kontroversial karena dianggap sebagia ide yang tidak masuk akal menurut standar pola makan zaman sekarang. Pola makan ini berbeda dengan diet2 lainnya. Mengapa?karena kita dapat tetap makan enak sampai kenyang tetapi tubuh semakin sehat dan bahkan menjadi langsing.

Food Combining aladah metode pengaturan asupan makanan yang diselaraskan dengan mekanisme alamiah tubuh, khususnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Efek pola makan ini meminimalkan jumlah penumpukan sisa makanan dan metabolisme sehingga fungsi pencernaan dan penyerapan zat makanan menjadi lancar , dan pemakaian energi tu buh juga lebih efisien. Dengan food combining perilaku makan kita akan dituntut agar secara sadar:
- Mengoptimalkan masukan dan penyerapan zat gizi dengan cara mengkonsumsi makanan yang serasi saja setiap kali makan
- Mendayagunakan fungsi pencernaan dengan cara menyesuaikan apa yang dimakan dengan kebutuhan asam basa dan siklus alamiah tubuh agar metabolisme seimbang.

Begini prinsipnya:
1. Makanan karbohidrat dan makanan mengandung asam tidak boleh dalam satu menu. misalnya roti , nasi , kentang tidak boleh dimakan bersamadengan lemon , jeruk nipis, jeruk , anggur nanas , tomat, atau buah asam lain. Sebab enzim ptialin hanya bereaksi di medium basa. Dengan demikian , enzim akan rusak jika terkena asam. Asam pada buah tidak hanya menghambat pencernaan karbohidrat , tetapi juga menghasilkan fermentasi.
2.Makanan berprotein dan makanan berkarbohidrat tidak boleh dalam satu menu.Artinya jangan mengkonsumsi daging, telur, kacang-kacangan,dan makan berprotein lain dengan roti,kentang, buah manis, nasi dan kue. Gula karbohidrat sangat menghambat sekresi cairan lambung sehingga menunda pencernaan.
3. Jangan mengkonsumsi 2 makanan protein tinggi sekaligus, Artinya hindari konsumsi kacang-kacangan dan daging , telur dan daging, keju dan kacang-kacangan , keju dan telur, daging dan susu, atau telur dan susu dalam satu menu. Alasannya setiap protein membutuhkan karakter dan kekuatan yang khusus dalam pengeluaran cairan pencernaan.
4.Jangan mengkonsumsi lemak bersamaan dengan protein . Artinya jangan menggunakan mentega, minyak dengan daging ,telur dan lainnya. Lemak akan menekan aktivitas kelenjar lambung.
5. Jangan mengkonsumsi buah asam dengan protein. Hal ini berarti jeruk, tomat, lemon dan nenas sebaiknya tidak dimakan dengan daging, telur, keju dan kacang-kacangan. Asam pada buah dapat mengakibatkan pembusukan.
6. Jangan mengkonsumsi makanan mengandung tepung-tepungan, pati dan gula secara bersamaan. Jeli, selaai buah, mentega, gula , madu, sirup, dalam roti , kue atau gula dalam seereal akan menghasilkan fermentasi. JIka mengkonsumsi gula, mulut akan dipenuhi ludah, bukan ptialin yang seharusnya dibutuhkan untuk mencerna pati.
7.Mengkonsumsi hanya satu jenis makanan berpati saja dalam satu menu. Aturan ini sangat penting sebagai alat untuk menghindari kelebihan makanan.
8. Jangan mengkonsumsi sejenis melon seperti semangka, muskmelon dengan makanan lain. Hal ini berkaiitan dengan penguraian melon.
9. Minum susu sebaiknya secara tunggal. Susu tidak tdicerna dalam dalam lambung tetapi di usus duodenum.

No comments: