Pages

Saturday, September 30, 2006

anakku susah makan nih

aku dapat nih dari rubrik tanya jawab mengenai bb dan susah makan ....
BB & BAB

Question : Dear Dr. Wati, Mba' Luluk and SP's
Rafly-ku sudah 3 tahun 6 bulan, terakhir ditimbang minnggu kemarin 14.5 Kg dengan TB 99 cm. Menurutku and orang rumah rafly itu memprihatinkan, melihat keadaannya sekarang yang kurus sekali dan susah makan. konsumsi susunya sudah dikurangi dgn asumsi kurang susu makannya banyak, tapi tetap saja. Minum vitamin juga sering sampai sama neneknya diberi jamu cekokan, namun ya tetap saja. Saat minggu kemarin ke dokter (pans, batuk, pilek, alhamdulillah sekarang sudah agak mendingan) aku tanya DSA-nya gimana dok koq rafly-ku kurus sekali, susah makan, beliau hanya bilang, nanti saja kalau sudah sehat (aku agak kecewa, kenapa tidak bisa saat itu juga beri penjelasan, atau apa gitu?)Jadi aku agak putus asa gimana ini ya?BAB-nya juga susah sekali keras sekali (kadang sampai menangis) memang dia kurang suka buah apalagi pepaya, apa baik utk seumur dia diberi obat pelancar BAB?Thanks, maaf kalau sudah dibahas sebelumnya
Dian



Answer 1 : Mbak ....Dulu aku masih kategori seperti itu loh!Yg kuingat pas usia SMP aja umur 12thn BBnya Cuma 24 Kg ...sma saja usia 18 BB saya 39 kg - ini btahan sampe saya lulus kuliah apalagi habis puasa wahhh...he..he... Dulu ibu saya sama paniknya seperti mbak, saya dibawa ke semua DSA anak seBandung..dan semua kayaknya sepakat anak ini memnag bakat kurus (coba dilihat gen mba n suami or keluarga lainnya mungilkah?)tapiii...yang penting SEHAT. Dan memnag ayah n eyang saya kutilang semua. Beda dengan kedua adik saya yg BB ideal, tinggi n putih lagi (bkn brarti saya item banget loh Cuma tdk sepeutih adek saya) he..he.. kebayang kan terkucilnya saya, paling benci kalo ada yg nanya "anak siapa ini?" kok mamanya putih he..he.. pdhal ayah saya kuning. Akhirnya, ibu saya pasrah asal saya sehat dan pintar. Dan terbukti selama skolah saya lmayan bintang kelas lah he..he..walopun kurus. Saya juga makan agak susah loh mbak..pilihan, maunya mie2an terus saya doyan mie baso(apalagi mie akung yg dibdg itu uenakkk bgt)ibu saya ngakalinnya dgn nyampur mie dgn baso, udang, sayur dll. Jadi intinya jangan terlalu risau mbak, asal sudah BB dan TB itu banyak factor yg mendukungnya. Coba di plot di growth chart ada di percentile berapa anaknya?. Andaikan kecil juga itu bukan kiamat. Asalkan sehat dan ubah tata laksana makannya, menu, cara makan,mood anak dll.Serat bukan dr papaya saja mbak, sayuran juga, buah2an lain juga, pudding juga oke, ...Obat pelancar hmmm kayaknya coba dulu deh yg alami. saya kok yakin pasti karena tata laksana makannya.Buah, minum, sayurnya??Dicoba deh mbak...maaf kepanjanganSalam buat Kevin, dr tante yg dulu juga kurus bgt n skarang susah nuruni BBhe..he..Lulu



Answer 2 : mbak DIan,
Betul apa yg dikatakan mbak Lulu dan mbak Ani kalo susah makan pd anak itu ada masanya. Lagian kalo gemuk juga belum berarti sehat. Yg harus diperhatikan adh apakah anak kita itu ttp aktif. Wajar kalo badannya gak gemuk, la wong...anaknya aktif ga karuan smntara makannya susah, jd energinya keluar semua ga ada yg jd daging ditubuhnya krn yg masuk tdk seimbang dg yg keluar. Reyka bbrp hari yg lalu jg susah sekali makannya. Aku coba buat variasi makanan dari bubur sumsum, bubur kcg ijo, sup cream jagung, perkedel kentang+daging cincang, perkedel tahu, sup makaroni+brokoli, spagethy saos putih, ager2 sari kelapa, yogurt+ice cream, yogurt + buah, yogurth doank, nugget ayam home made, segala macam jus2an, dll sampe bingung mesti bikin apalagi. Udah cape2 bikin paling yg dimakan 3-5suap aja, alhasil mamanya lagi yg makan, sehat & gendut dech mamanya anaknya seh ttp aja kurus (he..he..he...). Kita dituntut sabar dlm menghadapi masalah susah makan anak dan hrs kreatif dlm menyajikan menu2 makanannya.Kalo masalah BAB, hal itu jg dialami Reyka. Jika REyka makannya sedikit maka BABnya bisa 2-3hari sekali dan keras (meskipun ga sekeras dulu) bahkan suka berdarah. Aku selalu coba memberikan Reyka makanan kaya serat seperti brokoli, yogurth, dan buah2an.Sempet jg terlintas diotakku utk memberikan obat pencakar agar Reyka mudah BAB, tp stlh aku pertimbangkan kayaknya itu bukan jawaban dr masalah ini krn masalahnya adalah pola kebiasaan. Selama kebiasaan itu tdk dirubah, maka BABnya akan tetap keras. Masa Rafli mau tergantung terus sama pencakar. Kasian kan......kalo ttg vitamin, Reyka pernah diresepkan vitamin nafsu makan oleh DSAnya tapi aku ga pernah berikan krn menurutku ga membantu juga.wah....jd kepanjangan nih.....maaf jika kurang membantu.salam.mamanya R3YkA



Answer 3 : Mbak Dian,Anaknya sebaya sama anak saya.Anak kurus itu kan bukan pertanda tidak sehat, sebaliknya anak gendut itu belum tentu sehat.Kalo soal susah makan, sebelumnya gimana mbak ? Namanya juga anak2, ada masa2 tertentu mereka susah makan, susah mandi, susah disuruh sikat gigi, susah disuruh tidur dsb.Sepanjang aktifitasnya OK dan masih gesit, tidak ada yang perlu dirisaukan.Bapak ibunya gemuk nggak ? hehehe ... soalnya kalo bapak ibunya kurus , sulit juga menuntut anaknya harus gemuk.Di sisi lain, yang kita bisa lakukan hanya memperbaiki pola makan saja ( atmosfer dibuat senyaman mungkin, menu divariasikan dll ). Makan kan tidak harus nasi. Coba deh mbak buka lagi di folder milis sehat, ada tulisan mengenai makan.Harus sabar dan telaten memang ....Saran saya sebaiknya vitamin di stop aja mbak, kan gak ada vitamin penambah nafsu makan.Soal BAB keras, bisa dicoba dengan perbanyak minum . Kalo gak suka pepaya, bisa dicoba alpukat, melon, kiwi dll.Coba juga kasih yoghurt dicamput potongn buat atau dibuat milkshake ... mmm.. yummy ....Insya Allah, BABnya bisa lancar ( gak usah pakai obat pencahar deh mbak ).salam, ani

No comments: